Pasang Surut Kue Subuh Pasar Senen

Hampir setiap malam ada puluhan truk yang mendrop kue ke Pasar Senen. Dengan luas gross 1.769 m2, area itu dipenuhi sekitar 700 meja pedagang kue.

Pasang Surut Kue Subuh Pasar Senen
ist
Setelah terjadinya kebakaran yang menimpa Pasar Senen Blok 1-2 pada tahun 2017, para pedagang kue subuh menempati Pasar Senen Blok 4-5. Dengan luas gross 1.769 m2, area itu dipenuhi sekitar 700 meja pedagang kue subuh. 

Anda yang gemar mengunyah jajanan pasar, pastinya tak asing dengan istilah kue subuh. Tapi tahu kah Anda, bahwa kue subuh itu identik dengan Pasar Senen?

Sejarah kue subuh memang bermula dari sana, berawal dari tahun 1988-an, saat Elkana Tju beserta dengan 4 orang rekannya berdagang kue di area pinggiran Pasar Senen

Mereka berjualan dengan menggunakan 5 meja sejak pukul 2.00 hingga pukul 8.00 guna memenuhi kebutuhan kue bagi para warga Senen dan sekitarnya.

Dari waktu ke waktu, ternyata jumlah pedagang yang menggelar lapak seperti Elkana Tju bertambah hingga mencapai sekitar 50 meja. 

Pada tahun 1991, Elkana sebagai pelopor kue subuh, memberanikan diri mengajukan ijin ke Pengelola Senen Blok 4 untuk menggunakan area parkir sebagai area dagang kue subuh

Shindu Hariyadi Wibisono, Property Management Coordinator for Trade Centre, PT Jaya Real Property, Tbk, pengelola Pusat Perdagangan dan Grosir Senen Jaya mengatakan, setelah secara resmi menempati area parkir Senen Blok 4, perkembangan kue subuh semakin luar biasa di era tahun 1991 hingga tahun 1998.

“Mereka yang datang ke Pasar Senen bukan hanya dari warga Jakarta saja melainkan juga dari Bekasi, Bogor, Tangerang bahkan Cilegon. Sebagian besar dari mereka adalah reseller,” kata Shindu, Selasa (11/12).

Hengky Djauhari, yang merupakan generasi kedua dari Elkana Tju, bahkan sempat beberapa kali menerima pesanan kue dari Istana, beberapa Departemen Pemerintah, serta perusahaan penerbangan seperti Garuda Indonesia dan Merpati.

Di pasar kue subuh ini dijajakan berbagai jenis jajanan yang menggugah selera dengan aneka cita rasa manis, gurih ataupun asin dari harga Rp. 500 hingga Rp 4.000. serta berbagai macam kue bolu, black forest, lapis legit, roti buaya dengan harga yang bervariasi.
Di pasar kue subuh ini dijajakan berbagai jenis jajanan yang menggugah selera dengan aneka cita rasa manis, gurih ataupun asin dari harga Rp. 500 hingga Rp 4.000. serta berbagai macam kue bolu, black forest, lapis legit, roti buaya dengan harga yang bervariasi. (ist)

Mulai Rp 500

Di pasar kue subuh ini dijajakan berbagai jenis jajanan yang menggugah selera dengan aneka cita rasa manis, gurih ataupun asin dari harga Rp. 500 hingga Rp 4.000. serta berbagai macam kue bolu, black forest, lapis legit, roti buaya dengan harga yang bervariasi. 

Halaman
123
Penulis: Ichwan Chasani
Editor: Ichwan Chasani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved