Penipuan

Otak Penipuan Kredit Pemilikan Rumah Bersubsidi Diringkus di Kota Manado

Tersangka penipuan perumahan murah bersubsidi yang merugikan puluhan warga diringkus petugas di Manado pada 8 Agustus 2018

Otak Penipuan Kredit Pemilikan Rumah Bersubsidi Diringkus di Kota Manado
(Kompas.com/David Oliver Purba)
Tersangka penipuan berkedok kredit pemilikan rumah (KPR) dengan down payment (DP) murah, John Sumantri, menyewa rumah di Pamulang, Tangerang Selatan, untuk dijadikan sebagai kantor pemasaran. Situasi di lokasi rumah yang disewa John, Selasa (11/12/2018). 

WARTA KOTA, TANGERANG --- Tersangka penipuan perumahan murah bersubsidi yang merugikan puluhan warga diringkus petugas Satreskrim Polres Tangerang Selatan.

Dari hasil penyelidikan, tersangka bernama John Sumantri yang sudah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) dibekuk petugas di Kota Manado, 8 Desember 2018.

"Tersangka atas nama John Sumantri yang telah kami tetapkan sebagai tersangka sudah berhasil kami amankan di kota Manado, pada hari Sabtu 8 Desember 2018," kata Kasat Reskrim Polres Tangsel, AKP Alexander Yurikho, Selasa (11/12/2018).

Penipuan DP Rumah Murah di Tangsel Ternyata Sudah Banyak Makan Korban

John Sumantri diduga sebagai Direktur PT Cakrawala Karya Kinakas yang menawarkan rumah dengan uang muka atau down payment (DP) murah.

Rumah tersebut dipasarkan di kantor pemasarannya di Villa Dago, Pamulang, Tangerang Selatan.

"Jadi tersangka dengan bertempat di Villa Dago Pamulang meyakinkan kepada korbannya bahwa tersangka adalah seorang agen properti yang valid," kata AKP Alexander.

Ratusan Warga Pamulang Jadi Korban Penipuan Pengembang Bodong

Rumah murah yang ditawarkan sejak 2015-2016 itu diberi nama Bumi Berlian Serpong (BBS) yang berlokasi di Desa Curug, Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat.

Puluhan masyarakat pun banyak yang tergoda dengan harga murah yang ditawarkan John, akan tetapi John Sumantra 'menghilang' tanpa kabar dan membawa kabur uang hasil DP tersebut.

"Masyarakat tertarik dengan DP rendah dan ada kata-kata bersubsidi," ujar AKP Alexander.

Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved