Transportasi Massal

Proyek Kereta MRT Hampir Kelar 100 Persen, Siap Diuji Coba Akhir Tahun 2018

Kereta MRT akan melakukan uji coba operasional pada akhir Desember 2018 dan mulai beroperasi Maret 2019 mendatang.

Proyek Kereta MRT Hampir Kelar 100  Persen, Siap Diuji Coba Akhir  Tahun 2018
WARTA KOTA/ANGGIE LIANDA PUTRI
Ilustrasi kereta MRT 

WARTA KOTA, PALMERAH --- Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar mengatakan, pembangunan Kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta fase 1 Lebak Bulus-Bundaran HI hampir selesai.

"Jadi progres kita hari ini 97,5 persen, yang kita selesaikan tadi stasiun dan bagian dalam interior," ujar William Sabandar di Depo Lebak Bulus Jakarta Selatan, Senin (10/12/2018).

Kereta MRT  akan melakukan uji coba operasional pada akhir Desember 2018 dan mulai beroperasi  Maret 2019 mendatang.

"Kita mulai (uji coba) operasi pada Desember, dan diharapkan sekitar pertengahan Maret akan siap dan selesai untuk beroperasi secara komersial," ucap William Sabandar.

Anies Resmi Beri Nama Kereta MRT Jakarta Ratangga, Ini Maknanya

Seperti diberitakan sebelumnya, kereta MRT dari Stasiun HI ke Stasiun Lebak Bulus akan melewati 13 stasiun dan berjarak 16 kilometer.

Rute tersebut dapat ditempuh dalam waktu 30 menit dengan kecepatan mencapai 80 kilometer per jam di bawah tanah dan bisa meningkat hingga 100 kilometer per jam di permukaan tanah.

Saat ini sudah tersedia 16 kereta MRT, satu kereta terdiri atas enam rangkaian (gerbong), sehingga totalnya mencapai 96 rangkaian.

"Hanya 14 yang akan beroperasi dan 2 sisanya menjadi cadangan," kata William.

BERITA FOTO: Begini Gaya Presiden Jokowi saat Mencoba Kereta MRT

Satu kereta bisa menampung 200-300 penumpang dalam satu rangkaian. Artinya, satu kereta (6 rangkaian) mengangkut jumlah maksimal sekitar 1.800 penumpang sekali jalan.

"Semoga dengan kehadiran dan beroperasinya MRT nanti, tidak hanya meningkatkan mobilitas, tetapi juga memberikan manfaat tambahan seperti perbaikan kualitas udara, perubahan gaya hidup masyarakat Jabodetabek dan mengatasi kemacetan,"ucap William Sabandar.

Penulis: Anggie Lianda Putri
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved