Disdagin Depok Pasrah Jika Ombudsman Batalkan Pemagaran Pasar Cisalak

Meskipun kata dia, sejumlah warga sekitar merasa pemagaran akan membuat rumah dan tempat usaha mereka terisolir.

Disdagin Depok Pasrah Jika Ombudsman Batalkan Pemagaran Pasar Cisalak
WARTA KOTA/BUDI SAM LAW MALAU
Perwakilan warga yang tolak pemagaran pasar cisalak saat menggelar rapat dengan Ombudsman dan Disdagin Depok. 

KEPALA Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok Kania Parwati mengaku pihaknya akan legowo dan menerima jika nantinya Ombudsman RI memutuskan dan merekomendasikan proyek pemagaran area Pasar Cisalak yang selama ini ditentang warga sekitar, dibatalkan.

Meski begitu Kania mengingatkan bahwa rencana pemagaran area Pasar Cisalak adalah cara pihaknya dalam menjaga aset Pemkot Depok serta memastikan keberlangsungan usaha ribuan pedagang di dalam gedung Pasar Cisalak.

Meskipun kata dia, sejumlah warga sekitar merasa pemagaran akan membuat rumah dan tempat usaha mereka terisolir.

"Karena sudah dimediasi Ombudsman, kami berharap ada penyelesaian yang baik, untuk semua pihak. Baik dibatalkan atau dilanjutkan kami akan terima," kata Kania, Minggu (9/12/2018).

Ia yakin pandangan dan putusan Ombudsman adalah yang terbaik dan mesti diterima semua pihak terutama warga sekitar yang selama ini menolak pemagaran.

"Jika warga merasa akses jalan masuk ke rumah dan tempat usaha mereka tertutup akibat pemagaran, kami sudah merencanakan membuat 8 pintu akses keluar masuk di sekeliling pagar, yang sebelumnya direncanakan hanya 3," kata Kania.

Selain itu tambah Kania, pihaknya memastikan akan memberikan kemudahan bagi warga sekitar yang memiliki usaha, untuk mendapat tempat usaha dan kios yang lebih layak dan memadai, di dalam gedung pasar. "Sehinggaa kondisi pasar menjadi jauh lebih tertata dan jauh lebih baik bagi semuanya" kata dia.

Ke depan ia berharap permasalahan ini bisa diselesaikan dengan mediasi yang dilakukan Ombudsman, meskipun dalam rapat pertama, Jumat (7/12/2018) lalu, berakhir buntu.

"Ombudsman kan institusi yang dapat dipercaya di negara ini. Jadi pandangannya akan bisa menjadi bahan tindak lanjut," katanya.

Sebelumnya rapat pembahasan mengenai pemagaran area Pasar Cisalak yanf dipimpin Ombudsman RI dan dihadiri warga sekitar area pasar serta Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok serta pihak terkait lainnya, di ruang pertemuan Gedung Perpustakaan Pasar Cisalak, Jumat (7/12/2018) berakhir buntu.

Halaman
1234
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved