Tol Trans Jawa

Selain Gerbang Tol Salatiga, Ini Jembatan Kalikuto yang Tak Kalah 'Instagramable' di Tol Trans Jawa

Jembatan Kalikuto di ruas Tol Batang-Semarang jadi spot instagramable sepanjang Tol Trans Jawa, selain GT Salatiga dan simpang susun Jembatan Klodran.

Selain Gerbang Tol Salatiga, Ini Jembatan Kalikuto yang Tak Kalah 'Instagramable' di Tol Trans Jawa
Harian Kontan/Baihaki
KONDISI Jembatan Kalikuto terkini yang merupakan bagian dari Jalan Tol Batang-Semarang, Jumat (7/12/2018). 

JALAN Tol Trans Jawa dipastikan siap digunakan masyarakat untuk perhelatan mudik Natal 2018. Tak hanya siap, jalan bebas hambatan yang membentang sepanjang 780 kilometer dari Jakarta hingga Surabaya ini juga menawarkan visualisasi estetis.

Mudik Lebaran 2017 lalu, publik dipuaskan dengan demonstrasi sensual empiris berupa Gerbang Tol Salatiga berlatar Gunung Merbabu di Ruas Tol Bawen-Salatiga, yang merupakan bagian dari Tol Trans Jawa.

Wahai Pemudik, Kalau Mau Selfie di Gerbang Tol Salatiga Habis Lebaran Saja Ya

Gerbang Jalan Tol Salatiga di ujung ruas Jalan Tol Bawen-Salatiga dengan pemandangan Gunung Merbabu di Jawa Tengah. Foto ini beredar dan menjadi viral di media sosial.
Gerbang Jalan Tol Salatiga di ujung ruas Jalan Tol Bawen-Salatiga dengan pemandangan Gunung Merbabu di Jawa Tengah. Foto ini beredar dan menjadi viral di media sosial. (Istimewa)

Selain itu, panorama menawan juga disuguhkan di Tol Trans Jawa ruas Tol Solo-Ngawi tepatnya simpang susun Jembatan Klodran yang mirip dengan Jembatan Notredam di Belanda sana.

Kedua spot tersebut paling diburu oleh pengguna jalan tol dan masyarakat dari berbagai daerah hanya untuk berswafoto.

Tentu, fenomena ini tak disia-siakan pengelola jalan tol bersangkutan. PT Trans Marga Jateng (TMJ) sebagai pengelola Ruas Tol Bawen-Salatiga, misalnya.

Menyadari tingginya antusiasme masyarakat serta kepadatan lalu lintas harian rata-rata (LHR) yang terus meningkat, TMJ pun memanfaatkan situasi ini dengan 'cerdas'.

Di pintu masuk Bawen, TMJ memasang spanduk bertuliskan "Selamat Datang di Panoramic Toll Road" yang ternyata mampu memprovokasi pengguna jalan tol dari arah Semarang menuju Salatiga atau Solo untuk sejenak mengarahkan kendaraannya menuju ruas Salatiga.

Instagramable

Jembatan Kalikuto di ruas Tol Batang-Semarang menjalani uji beban pada 8 dan 9 November 2018.
Jembatan Kalikuto di ruas Tol Batang-Semarang menjalani uji beban pada 8 dan 9 November 2018. (Dok. Humas Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR)

Tahun ini, Jembatan Merah Kalikuto yang merupakan bagian dari Jalan Tol Batang-Semarang, tampaknya akan menjadi bintang pada perhelatan Mudik Natal 2018 mendatang.

Saat Kompas.com berkesempatan mengikuti Ekspedisi Susur Jalan Tol Trans-Jawa, Jumat (7/12/2018), tampak sejumlah pelajar SMA berkerudung mengabadikan jembatan ini di Jalur A menuju Semarang.

Halaman
123
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved