Jurnalis Arab Saudi Hilang

Pembunuhan Jamal Khashoggi, Menantu Donald Trump Berbicara Intensif dengan Pangeran MBS

JARED Kushner terus berbicara dengan Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman ( MBS ) usai pembunuhan Jamal Khashoggi.

Pembunuhan Jamal Khashoggi, Menantu Donald Trump Berbicara Intensif dengan Pangeran MBS
Vanity Fair
PUTRA Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) dan Jared Kushner, menantu dan penasihat senior Presiden AS Donald Trump. 

JARED Kushner terus melanjutkan percakapan pribadinya dengan Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman ( MBS ) usai pembunuhan Jamal Khashoggi.

Demikian laporan dari The New York Times, seperti diwartakan CNN dan Daily Mail, Sabtu (8/12/2018), terkait perkembangan kasus pembunuhan Jamal Khashoggi.

Pembunuhan Jamal Khashoggi, Intel Turki Bersama CIA Beri Keterangan ke Senat AS

Menantu Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang juga menjadi penasihat seniornya serta suami dari Ivanka Trump ini disebut-sebut memberikan nasihat kepada Pangeran MBS tentang bagaimana cara untuk mengatasi masalah setelah kasus pembunuhan Jamal Khashoggi muncul.

Adik MBS Diduga Terlibat Pembunuhan Khashoggi, Editor The Post: Harusnya Dia Diusir dari Washington

Ini Sosok Kunci Kasus Pembunuhan Jamal Khashoggi yang Diungkap Turki

Meski ada aturan bahwa staf Dewan Keamanan Nasional harus hadir pada semua panggilan telepon dengan pemimpin asing, tapi Kushner dan MBS terus mengobrol secara informal.

Laporan The New York Times itu mengutip dua mantan pejabat senior AS dan dua orang yang diberi pengarahan oleh Saudi.

"Jared selalu cermat mengikuti protokol dan pedoman mengenai hubungan dengan MBS dan semua pejabat asing lain yang berinteraksi dengannya," kata juru bicara Gedung Putih.

Sumber dari Kerajaan Saudi mengklaim keduanya berbicara di telepon setelah berita kematian sang jurnalis pada 2 Oktober lalu di gedung konsulat Saudi di Istanbul.

Sementara, Gedung Putih hanya mengakui satu pembicaraan resmi Kushner dan MBS pada 10 Oktober lalu. Laporan CNN menyebut, Kushner dan juga Penasihat Keamanan Nasional John Bolton telah melakukan panggilan dengan MBS hampir seminggu, setelah Khashoggi dilaporkan hilang dan penyelidikan tengah digelar.

"Mereka meminta rincian lebih lanjut agar pemerintah Saudi transpran dalam proses penyelidikan," kata sekretaris pers Gedung Putih Sarah Sanders.

Kushner disebut sebagai pembela MBS terpenting. Alasannya, sang putra mahkota Saudi tetap menjadi kunci bagi kebijakan Timur Tengah pemerintahan Trump.

Trump dan Kementerian Luar Negeri AS belum mencapai kesimpulan akhir tentang siapa yang bertanggung jawab atas kematian Khashoggi. (Veronika Yasinta)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menantu Trump Disebut Nasihati MBS Usai Kematian Khashoggi"

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved