Mulai 1 Januari 2019 Anies Baswedan Hapus Subsidi Parkir Bagi Pegawai Pemprov DKI di IRTI Monas

Lebih baik, lanjut Anies Baswedan, mereka seharusnya menggunakan fasilitas naik TransJakarta yang sudah digratiskan.

Mulai 1 Januari 2019 Anies Baswedan Hapus Subsidi Parkir Bagi Pegawai Pemprov DKI di IRTI Monas
Warta Kota/Anggie Lianda Putri
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (7/12). 

AWAL 2019, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal menghapus subsidi parkir bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menaruh kendaraannya di IRTI Monas.

Sebab, menurutnya angka Rp 68 ribu per bulan yang dipatok terlalu murah. Hal itu ia lakukan dalam rangka mengetatkan kawasan parkir di Ibu Kota.

"Parkir IRTI, besok tidak ada lagi harga murah untuk pegawai Pemprov. Mulai 1 Januari 2019 sudah tidak ada (parkir murah), supaya pegawai Pemprov naik kendaraan umum," tegas Anies Baswedan di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat (7/12/2018).

Resmikan Tol Sragen-Ngawi, Jokowi: Jakarta-Surabaya Tersambung Akhir Tahun Ini

Anies Baswedan menegaskan, tak ada lagi keringanan soal parkir yang diperuntukkan bagi pegawai Pemprov DKI. Sebab, menurutnya ASN seharusnya menjadi contoh masyarakat lainnya.

Menurutnya, bila biaya langganan Rp 68 ribu per bulan bagi pengguna roda empat tetap dilanjutkan, maka yang kemudian terjadi adalah mereka berbondong-bondong untuk membawa mobil ke lokasi kerja.

Hal itu berbanding terbalik dengan semangat dirinya yang tengah menggalakkan masyarakat berpindah ke transportasi umum. Salah satunya dengan memperbaiki maupun mengintegrasikan berbagai transportasi umum menjadi satu.

Tuding Istrinya Berzina, Vicky Prasetyo Ogah Penjarakan Angel Lelga

"Rp 68 ribu parkir di Monas, coba? Itu logika yang salah. Ketika kita ingin lebih banyak orang naik kendaraan umum, maka kendaraan umumnya dibuat murah, parkir kendaraan pribadinya jadi mahal. Itu logic-nya begitu," paparnya.

Kebijakan mensubsidi biaya parkir murah bagi ASN Pemprov DKI, disebutnya merupakan ajaran yang salah. Lebih baik, lanjut Anies Baswedan, mereka seharusnya menggunakan fasilitas naik TransJakarta yang sudah digratiskan.

"Ini Pemprov malah mengajari yang salah, dengan kita memberikan biaya parkir yang murah, berkantor di Merdeka Selatan. Kita pegawai Pemprov punya hak menggunakan TJ free ya pakai itu," paparnya.

Tiga Hari Beroperasi, Ini Masukan Penumpang untuk Bus TransPatriot Kota Bekasi

Sebelumnya, Pelaksana tugas (Plt) Kadishub DKI Jakarta Sigit Widjatmoko menjelaskan, setelah adanya penghilangan subsidi, harga parkir di kawasan IRTI Monas akan ditingkatkan.

"Di samping itu, harganya juga akan ditingkatkan. Sehingga, Pak Gubernur ingin PNS DKI bisa menjadi contoh atau pelopor untuk masyarakat lain," jelas Sigit.

Kebijakan tersebut bakal diterapkan pada awal 2019. Kawasan IRTI Monas disebut menjadi contoh sebelum pemberlakuan pada wilayah lainnya di Ibu Kota. "Januari harus implemented. Jadi kita awali parkir di Lapangan IRTI, baru yang lain," tuturnya. (Danang Triatmojo)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved