Upacara Agung Homa Atisa 2018 Doakan Kedamaian Indonesia

Puluhan ribu umat Buddha di Indonesia akan mengikuti Upacara Agung Homa Atisa 2018 yang akan digelar di Indonesia Convention Exhibition, Tangsel.

Upacara Agung Homa Atisa 2018 Doakan Kedamaian Indonesia
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Umat Budha dengan berbagai pakaian daerah berdoa bersama untuk kedamaian Indonesia. 

PULUHAN ribu umat Buddha di Indonesia akan mengikuti Upacara Agung Homa Atisa 2018 yang akan digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE-BSD), Tangerang Selatan, pada Sabtu (8/12) mendatang.

Upacara yang akan dipimpin oleh Dharma Raja Lian Sheng atau Sheng-yen Lu itu juga sebagai peringatan 1.000 tahun kedatangan pemimpin agama Buddha dari Tibet, Atisa Dipamkara ke Indonesia tepatnya pada jaman kerajaan Sriwijaya.

Pendiri True Buddha School yang sudah menulis setidaknya 269 buku selama 51 tahun terakhir itu juga mendoakan agar Indonesia kedepannya menjadi negara yang maju, sejahtera, aman, dan sentosa.

“Kita terhadap sesama seharusnya tidak membeda-bedakan, semua akan menjadi damai. Apalagi Indonesia 1.000 tahun yang lalu merupakan negara yang salah satunya agamanya adalah Buddha,” ujar Master Lu di Baywalk Mal, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat (7/12).

Master Lu menyebutkan kunci dari perdamaian di dunia adalah dengan mengamalkan Tri Karunia Maha Kasih agar setiap negara damai dan berjalan penuh kasih.

Selain itu, tentunya mengasihi sesama akan mendatangkan kedamaian.

“Di Indonesia kita juga memiliki lembaga sosial, yayasan pendidikan. Dari situ kita berbuat sesuatu baik dalam hal materi lahir batin, termasuk aktif dalam memberikan bantuan bagi korban bencana alam di Indonesia,” tambahnya.

Ia berharap dengan pelaksanaan Buddha Dharma maka setiap makhluk hidup dapat meningkatkan kualitas batinnya. Sehingga semua alur hidup berjalan dengan baik kepada sesama akan menjadi damai dan sejahtera.

Kedatangan Dharma Raja Lian Sheng ke Indonesia kali ini merupakan untuk yang kelima kalinya.

Sebelumnya Dharma Raja Lian Sheng telah berkunjung ke Indonesia pada tahun 1980, 1992, 2011, 2012 untuk mengadakam upacara keagamaan.

Upacara Agung Homa Atisa sekaligus rangkaian kegiatan keagamaan Buddha 'Tapak Tilas Sewu Tahun' yang dimulai di Candi Candi Muaro Jambi pada Agustus 2018 dan Candi Borobudur pada Oktober 2018 dengan tema ikrar & pengamalan Boddhicitta.

Adapun kegiatqn yang dilakukan dalam Upacara Agung Homa Atisa 2018 berdoa bersama juga memberikan semangat dan pemberkatan kepara seluruh umat di Indonesia agar dapat lebih maju dalam spritiual dan kebijaksanaan.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved