Sanksi Penunggak BPJS Kesehatan Akan Lebih Berat, Ini Penjelasannya

BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Utara melakukan sosialisasi Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang jaminan kesehatan, menyusul sejumlah perubahan aturan.

Sanksi Penunggak BPJS Kesehatan Akan Lebih Berat, Ini Penjelasannya
Istimewa
SALAH satu bentuk sosialisasi Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang jaminan kesehatan di BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Utara. 

BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Utara melakukan sosialisasi Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang jaminan kesehatan. Pasalnya ada sejumlah perubahan dari peraturan sebelumnya yakni Perpres Nomor 28 Tahun 2016.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Utara Elisa Adam mengatakan pihaknya melakukan sejumlah sosialisasi Perpres Nomor 82 Tahun 2018 yang akan berlaku pada 19 Desember 2018 mendatang.

“Berlakunya 19 Desember, atau tiga bulan setelah diundangkan. Kita lakukan sosialisasi dengan sebarin leaflet, spanduk dan yang datang juga kita kasih tahu. Sosialisasi juga melalui internal pegawai dan medsos,” katanya, Jumat (7/12).

Elisa menceritakan ada sejumlah perubahan seiring diberlakukannya Perpres Nomor 82 Tahun 2018. Menurutnya sanksi yang diterima para peserta yang menunggak akan lebih berat daripada sebelumnya.

“Jadi kalau peraturan yang lama, maksimal tunggakan 12 bulan. Nah setelah tanggal 19 Desember, maksimal tunggakan menjadi 24 bulan,” sambungnya.

Elisa mencontohkan apabila seorang peserta memiliki tunggakan iuran tiga tahun atau 36 bulan, maka yang bersangkutan maksimal hanya membayar 12 bulan apabila dilakukan sebelum tanggal 19 Desember.

“Kalau setelah tanggal 19 Desember maka peserta wajib membayar 24 bulan,” ujarnya.

Pendaftaran bayi

Selain itu peraturan untuk pendaftaran bayi yang baru saja lahir juga ada mengalami perubahan. Dahulu peserta wajib mendaftarkan bayinya sebelum lahir dalam jangka waktu 14 hari agar bisa mendapat pelayanan.

“Kalau sekarang beda, pendaftaran bayi dilakukan saat lahir sampai 28 hari ke depan. Setelah lewat 28 hari maka akan sama seperti peserta lain,” katanya.

Halaman
12
Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved