Penghujung 2018, Ada 594 Kasus Demam Berdarah di Kota Bekasi: Terbanyak di Bekasi Utara

Penghujung 2018, Ada 594 Kasus Demam Berdarah Dengue di Kota Bekasi, dan Terbanyak di Bekasi Utara.

Penghujung 2018, Ada 594 Kasus Demam Berdarah di Kota Bekasi: Terbanyak di Bekasi Utara
Warta Kota
Ilustrasi nyamuk demam berdarah dangue. 

WARTA KOTA, BEKASI--- Ada 594 kasus demam berdarah dengue atau DBD di Kota Bekasi hingga penghujung tahun 2018. Dari kasus itu wilayah terbanyak kasus demam berdarah dengue atau DBD terbanyak di kawasan Bekasi Utara.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Dezy Sukrawati, mengatakan dari total 594 kasus demam berdarah dengue di sepanjang 2018, wilayah Kecamatan Bekasi Utara yang tertinggi kasus demam berdarah dengue hingga mencapai 129 kasus.

"Bekasi Utara yang tertinggi, diikuti Kecamatan Bekasi Barat sebanyak 107 kasus, dan Kecamatan Bekasi Timur sebanyak 69 orang. Sisanya tersebar di sembilan kecamatan lainnya," katanya, Jumat (7/12/2018).

Dezy mengatakan, atas kasus demam berdarah dengue di Kota Bekasi menyebabkan dua warga meninggal dunia. Satu orang dari Bekasi Utara dan satu lagi dari Jatiasih.

Untuk itu, kata Dezy, pihaknya terus berupaya menekan angka kasus demam berdarah dengue atau DBD tersebut.

Upaya itu dengan mengembalikan kelompok kerja di setiap kelurahan dalam mengatasi jentik nyamuk yang menyebabkan demam berdarah dengue.

Penyakit demam berdarah dengue atau DBD umumnya ditimbulkan dari nyamuk aedes aegypti.

Nyamuk aedes aegypti bisa berada ditempat mana saja, terlebih di lingkungan yang kotor dan kumuh.

"Kami mulai sinergi, akan bentuk gerakan satu rumah satu jumantik (G1R1J) di setiap kelurahan. Langkah itu dalam upaya menekan kasus DBD," kata Dezy.

Dinas Kesehatan akan memberikan pelatihan kepada kader pembina jumantik rumah atau bintik, koordinator jumantik, dan supervisor jumantik di setiap kelurahan.

"Jadi kami minta ini digiatkan kembali. Kader jumantik yang ada di tiap-tiap kelurahan harus terus melakukan pembersihan sarang nyamuk. Kami kuatkan kembali instruksi Wali Kota nomor 440/289/dinkes/2017 tentang pemberantasan sarang nyamuk," katanya.

Ini Waktu yang Pas untuk Fogging Nyamuk Demam Berdarah

Waspada Ancaman Demam Berdarah saat Musim Hujan

Piala Dunia 2014 Diwarnai Wabah Demam Berdarah

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved