Bareskrim Bongkar Penyelundupan Sabu 20 Kg yang Disamarkan dengan Ikan Asin

Bareskrim Mabes Polri membongkar upaya penyelundupan sabu 20 kg yang akan diedarkan di Jakarta.

Bareskrim Bongkar Penyelundupan Sabu 20 Kg yang Disamarkan dengan Ikan Asin
Warta Kota/Joko Supriyanto
Direktorat Tindak Pidana Narkotika Bareskrim Polri berhasil mengungkap jaringan lokal Medan yang akan menyeludupkan sabu ke Jakarta melalu jalur darat, Jumat (7/12/2018). 

DIREKTORAT Tindak Pidana Narkotika Bareskrim Polri berhasil mengungkap jaringan lokal Medan yang akan menyeludupkan sabu ke Jakarta melalu jalur darat.

Adapun dari pengungkapan tersebut diamankan 4 orang tersangka.

Dari tangan tersangka petugas berhasil menyita sabu seberat 20 kilogram yang dikirim mengunakan bus dari Medan ke Jakarta.

Wakil Kepala Direktur Tindak Pidana Narkotika Bareskrim Polri, Kombes pol Krisno Siregar mengatakan, pengungkapan tersebut terjadi pada Senin (3/12) atas informasi masyarakat adanya pengiriman narkotika di salah satu pool bus di Pelabuhan Merak.

"Saat kita periksa memang ada satu karung plastik, saat dibuka isinya ternyata sabu seberat 20 kilogram yang disamarkan dengan ikan asin. Nah ini saya tidak tahu apa maksudnya mungkin untuk mengelabuhi pemeriksaan petugas," kata Kombes Krisno, Jumat (7/12/2018).

Setelah mengali informasi dari supir bus dan kernet bus, diketahui bahwa barang tersebut diangkut di tengah jalan yang meminta untuk dikirimkan ke Jakarta dengan upah sebesar Rp 100.000.

Namun sopir maupun kernet bus tidak mengetahui isi barang tersebut.

Tapi, menurut keterangan para saksi ada seseorang yang naik setelah barang tersebut diangkut kedalam bus.

Petugas pun berusaha mencari ciri-ciri orang yang dimaksud dan ditemukan tak jauh dari Pelabuhan.

"Kita mencurigai satu orang berisinial MIS, saat kita periksa terlebih dari alat komunikasi pelaku, ditemukan percakapan mengenai barang tersebut, dan telah melaporkan ke pemilik barang, dia ini sebagak kontroler ternyata," ujarnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan dan pengembangan, petugas akhirnya dapat mengantongi nama-nama pelaku lain dan berusaha untuk melakukan pengejaran. Dan berhasil menangkap tiga pelaku lain yaitu HGS, DJS, EZ.

"Rupanya ini jaringan anak medan yang memang mengirimkan barang haram tersebut ke Jakarta. Ketiga pelaku yang kami tangkap salah satunya adalah pengendali. Tapi kita tentu akan telisik lagi apakah ada hubungan lain atau terputus," ucapnya.

Kini para pelaku telah diamankan di Dirtipid Narkotika Bareskrim Polri Cawang guna kepentingan lebih lanjut. Atas perbuatan para pelaku

Atas perbuatan tersangka, pelaku terjerat pasal 114 ayat 2 juncto pasal 132 ayat 2 uu no. 35 tahun 2005 tentang narkotika dengan ancaman hukuman paling lama 20 tahun penjara.

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved