Banjir Jakarta

Antisipasi Hadapi Banjir di Jakarta, Kondisi Pompa Stationer di Aliran Timur 90 Persen Baik

Sebanyak 90 persen pompa stasioner di wilayah DKI Jakarta dalam keadaan siap digunakan untuk mengantisipasi banjir di Jakarta.

Antisipasi Hadapi Banjir di Jakarta, Kondisi Pompa Stationer di Aliran Timur 90 Persen Baik
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Stasiun Pompa Sunter Selatan 

KEPALA Bidang Sungai dan Pantai Sistem Aliran Timur Dinas SDA DKI Jakarta Nelson Simanjuntak, mengungkapkan, sebanyak 90 persen pompa stasioner di wilayahnya dalam keadaan siap digunakan.

“Kalau data yang saya miliki, jumlah pompa yang kita miliki, pompa stationer ada 44 pompa dengan kondisi 90 persen baik,” ungkap Nelson, Jumat (7/12/2018).

Dengan kondisi tersebut, Nelson mengaku optimis antisipasi banjir berjalan tanpa ada hambatan. Apalagi kehadiran pompa stationer masih dibantu pompa mobile yang siap digunakan sewaktu-waktu.

“80 persen saya optimis. Untuk 20 persen ada beberapa titik yang memang rutin genangan dan pompa mobile yang kita siapkan untuk mengeringkan daerah-daerah seperti itu,” ucqpnya.

Khusus Rumah Pompa Sunter Selatan di kawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara yang memiliki enam pompa, dipastikan sangat terbantu dengan adanya Danau Sunter Selatan. Sehingga pompa tidak terlalu bekerja keras menjalankan tugasnya.

“Ini kelebihannya kalau kita punya waduk yang besar. Jadi dengan waduk besar kapasitas pompa bisa kita kecilkan. Kalau waduknya kecil pompanya gede,” katanya.

“Jadi di sini karena waduknya besar, hujan sebesar apapun masih bisa diatasi atau diredam oleh waduk ini,” sambungnya. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved