Sembilan Titik Kemacetan Mengakibatkan Trans Patriot Tiba Tidak Tepat Waktu

sembilan titik kemacetan membuat ketersediaan bus Trans Patriot di setiap halte (headway) 15 menit sekali tidak berjalan dengan baik.

Sembilan Titik Kemacetan Mengakibatkan Trans Patriot Tiba Tidak Tepat Waktu
Warta Kota/Muhamad Azzam
Bus Trans Patriot Kota Bekasi saat menunggu penumpang di Terminal Bekasi. 

WARTA KOTA, BEKASI--- Humas Perusahaan Umum Mitra Patriot (PDMP), Iqbal Daut, mengatakan, sembilan titik kemacetan membuat ketersediaan bus Trans Patriot di setiap halte (headway) 15 menit sekali tidak berjalan dengan baik.

Bus Trans Patriot kerap kali terlambat tiba di setiap halte, bahkan bisa mencapai 30 menit.

"Kemacetan lalu lintas jadi kendala mendasar kami soal kedatangan bus Trans Patriot dan kemacetan itu tidak dapat dihindari," kata Iqbal Daut saat dihubungi, Kamis (6/12/2018).

Menurut pengamatannya, kata Iqbal, ada lima titik kemacetan trayek Terminal Bekasi- Harapan Indah, yakni di lampu merah Bulak Kapal, depan BTC hingga lampu merah Tol Bekasi Timur, Rawapanjang halte Setia Kawan hingga Pekayon, depan Pertokoan Kranji, dan lampu merah Alexindo Jalan Sultan Agung.

Untuk trayek Harapan Indah ke Terminal Bekasi ada empat titik, yaitu Stasiun Kranji, Stasiun Bekasi, lampu merah Pasar Proyek, dan di depan Pasar Baru hingga menuju Terminal Bekasi.

"Total ada sembilan titik. Rata-rata kemacetan menyita waktu 10 menit, jika ditotal berarti bisa menyita waktu 1,5 jam untuk kemacetan," kata Iqbal.

Iqbal mengatakan, normalnya satu bus ditargetkan menempuh waktu 2,5 jam hingga 3 jam per satu putaran trayek atau rit. Namun akibat kemacetan bisa mencapai 4,5 jam.

"Karena macet yang mestinya jam 5 pagi sampai jam 8 malam bus beroperasi bisa sampai 7 atau 8 rit, ini kami hanya mampu 4-6 rit sehari. Itu juga sudah paling maksimal," kata Iqbal

Untuk itu, pihaknya akan mencarikan solusi kedepan agar bus itu sesuai headway atau jarak kedatangan antar bus.

"Pastinya bakal terus kami tingkatkan. Kami akan pikirkan dan cari solusinya agar pelayanan bisa kami berikan secara maksimal. Tapi ingat headway tidak semua lebih dari 15 menit, semua tergantung situasi lapangan dan tingkat kemacetan itu," kata Iqbal.

Sebanyak sembilan bus dikerahkan untuk melayani dua rute yakni, Terminal Bekasi-Harapan Indah dan Harapan Indah-Terminal Bekasi.

Ad 34 halte menjadi tempat pemberhentian bus Trans Patriot untuk naik dan turun penumpang.

Tarif yang akan dikenakan direncanakan sebesar Rp 3.500 untuk umum dan Rp 2.000 untuk pelajar. Namun, tarif itu belum diterapkan dikarenakan masih menunggu keputusan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi.

Untuk sementara ini untuk tarif dalam masa uji coba operasi masih digratiskan.

Bus Trans Patriot beroperasi dari pukul 05.00 hingga pukul 22.00 WIB.

Bekasi Tunda Pemberlakuan Tarif Trans Patriot, Ini Penyebabnya

Mudahkan Penumpang, Trans Patriot Bakal Luncurkan Aplikasi Pantau Bus Trans Patriot

Penumpang Trans Patriot Mulai Banyak, Sehari Bisa 470 Orang

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved