Plt Bupati Bekasi Usul KPK Bantu Awasi Penyertaan Modal PDAM

Plt Bupati Bekasi, Eka Supri Atmaja, bakal mengusulkan KPK untuk mengawasi anggaran penyertaan modal kepada PDAM Tirta Bhagasi.

Plt Bupati Bekasi Usul KPK Bantu Awasi Penyertaan Modal PDAM
tirtabhagasasi.co.id
Kantor PDAM Tirta Bhagasasi 

WARTA KOTA, BEKASI--- Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bekasi, Eka Supri Atmaja, bakal mengusulkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengawasi anggaran penyertaan modal kepada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi.

Sebab nilai penyertaan modal yang disuntik pemerintah daerah kepada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) ini mencapai Rp 197 miliar.

"Angkanya cukup besar dan kami akan mendukung adanya upaya KPK untuk mendampingi kegiatan BUMD ini agar dana yang dikucurkan tepat sasaran," kata Eka di kompleks Perkantoran Pemerintah Kabupaten Bekasi, Desa Sukamahi, Kecamatan Cikarang Pusat, Kamis (6/12/2018).

Pernyataan Eka ini sekaligus menanggapi wacana anggota DPRD Kabupaten Bekasi beberapa hari lalu, yang meminta agar lembaga anti rasuah dilibatkan dalam mengawasi penyertaan modal PDAM.

Selain anggaran yang dikucurkan sangat besar, pengawasan KPK perlu dilakukan untuk menghindari adanya penyelewengan dana dari pemerintah.

Namun demikian, kata Eka, usulan ini perlu dibahas juga dengan Pemerintah Kota Bekasi selaku salah satu pemilik dari BUMD tersebut.

Adapun komposisi besaran modal, Pemkab Bekasi 77,53 persen atau Rp 236,5 miliar, dan Pemkot Bekasi 22,47 persen atau senilai Rp 68,5 miliar.

Sejak 2002 hingga 2008 PDAM Tirta Bhagasasi mendapat suntikan anggaran dari APBD Kabupaten Bekasi sebesar Rp 236 miliar.

Kemudian pada 2018, Pemerintah Kabupaten Bekasi kembali menyertakan modal untuk perluas jaringan kepada pelanggan sebesar Rp 197 miliar.

Bahkan bila ditotal, Tirta Bhagasasi mengajukan anggaran dari 2018 sampai 2022 mencapai Rp 906 miliar.

Halaman
12
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved