Liga 1

Pengamat Sepak Bola Ini Kritik Dominasi Pemain Asing di Daftar Calon Pemain Terbaik

Ada 3 pemain asing yang masuk kategori Pemain Terbaik yaitu David Aprecido da Silva (Brasil), Willem Jan Pluim (Belanda), dan Rohit Chand (Nepal).

Pengamat Sepak Bola Ini Kritik Dominasi Pemain Asing di Daftar Calon Pemain Terbaik
liputan6.com
Rohit Chand 

PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) telah merilis daftar calon pemain dan pelatih terbaik Liga 1 2018.

Dari nama-nama tersebut, lebih didominasi oleh pemain asing dan ini mendapat sorotan dari pengamat asal Jawa Timur.

Ada tiga pemain asing yang masuk dalam kategori Pemain Terbaik yaitu David Aprecido da Silva (Brasil), Willem Jan Pluim (Belanda), dan Rohit Chand (Nepal).

Mantan pelatih Persis Solo, Freddy Muli angkat bicara mengenai dominasi pemain asing di kategori tersebut.

"Saya pikir pemilihan tiga nomine ini berdasarkan prestasi individu dan timnya. Saya pikir ketiganya memiliki kepantasan," ujar Freddy dikutip dari bola.com.

Permainan Leroy Sane Maju Pesat

Namun, menurut Freddy, alangkah baiknya bila pemain terbaik tidak harus dari dua tim teratas dan top scorer. Tapi ada aspek lain yang bisa dijadikan acuan.

"Di PSM atau Persija itu ada pemain-pemain lokal yang juga bersinar. Seharusnya mereka bisa dimasukkan. Kalau David da Silva, saya pikir dia memang layak," ujar Freddy.

Hal yang sama dilontarkan oleh Hanafing. Eks pelatih PSM Makassar itu menyatakan kurang tepat bila semua calonnya pemain asing.

"Saya pikir di Persija ada Riko Simanjuntak yang selalu tampil apik dan memiliki kontribusi besar terhadap pencapaian Persija saat ini," terang Hanafing.

Soal dua calon lainnya dihuni pemain asing tidak masalah. Namun yang terpenting ada satu repesentasi pemain lokal klub Liga 1 yang masuk. "Bukan saya mengesampingkan Rohit, tapi Riko saya pikir cukup layak. Setidaknya itu juga untuk pemicu pemain lokal lainnya," terang Hanafing.

Editor: Dewi Pratiwi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved