Kebutuhan Air Lebih Tinggi, Alasan Ibu Hamil Harus Banyak Minum Air

Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG), Prof Budi Wiweko, mengingatkan pentingnya asupan air yang cukup untuk ibu hamil dan menyusui.

Kebutuhan Air Lebih Tinggi, Alasan Ibu Hamil Harus Banyak Minum Air
Lifealth
Ilustrasi ibu hamil. 

WARTA KOTA, PALMERAH--- Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG), Prof Budi Wiweko, mengingatkan pentingnya asupan air yang cukup untuk ibu hamil dan menyusui.

Patut diingat bahwa kebutuhan air ibu hamil lebih tinggi dibandingkan orang normal yang rata-rata dua liter per hari.

"Kami sudah melakukan studi pada ibu hamil di tiga kota, Jakarta, Surabaya, dan Yogyakarta, dan hasilnya menyatakan ibu hamil dia butuh kurang lebih 2,5 liter setiap hari," kata Budi saat berbicara kepada media beberapa waktu lalu.

Budi mengatakan, ibu hamil membutuhkan lebih banyak air minum untuk membantu produksi air ketuban.

"Air ketuban itu yang paling banyak berasal dari urinenya bayi, dan bayi itu volume urinenya akan cukup kalau dia mendapatkan jumlah nutrisi dan cairan yang cukup dari ibunya."

Pada ibu yang mengalami oligohidramnion atau jumlah air ketuban yang terlalu sedikit, jumlah air yang harus diminum pun, menurut Budi, akan menjadi lebih banyak lagi, yaitu bisa mencapai tiga liter air setiap harinya.

Kurang minum pada ibu hamil bukan hanya berbahaya bagi kesehatan ibu, melainkan juga pada kesehatan bayi yang dikandungnya. Kurangnya air yang diminum oleh ibu dapat menyebabkan air ketuban menjadi sedikit dan pertumbuhan bayi pun terhambat.

"Kalau janin, air ketubannya berkurang, efek sampingnya bisa satu pertumbuhan janinnya bisa terhambat. Dia kan untuk tumbuh butuh bergerak dengan aktif, jadi janinnya bisa kecil," katanya.

Kekurangan air ketuban pada ibu hamil, menurut dia, dapat menyebabkan bayi memiliki kelainan anatomi, bahkan hingga menyebabkan kematian.

Konsumsi air pada ibu hamil bisa mendukung periode emas 1.000 hari pertama anak. Pada 270 hari pertama periode emas, anak masih berada dalam kandungan dan bergantung pada nutrisi yang dikonsumsi oleh ibu.

Kemala Bhayangkari Metro Bekasi Kota Mengadakan Cek Kesehatan Ibu Hamil Gratis di Rawalumbu Bekasi

Ternyata Manfaat Albumin Buat Ibu Hamil Sangat Luar Biasa Bagi Perkembangan Janin

Bahaya Mengancam Bila Plasenta Ibu Hamil Terganggu

Penulis: Gopis Simatupang
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved