Sopir Truk Dianggap Sudah Tahu Jalan Kalimalang Kelas Tiga, Batas Tonasenya 8 Ton

Dinas Perhubungan Bekasi menegaskan, sopir truk sebenarnya sudah tahu batas tonase Jalan Kalimalang yang tidak boleh lebih dari delapan ton.

Sopir Truk Dianggap Sudah Tahu Jalan Kalimalang Kelas Tiga, Batas Tonasenya 8 Ton
Warta Kota/Muhammad Azzam
Petugas Dishub Bekasi, Selasa (4/12/2018) menilang sopir truk yang kendaraannya melanggar batas tonase delapan ton yang boleh melintas di Jalan Kalimalang, Bekasi. 

KASIE Pengendali Operasi (Dalops) Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi, Bambang Putra mengungkapkan Jalan KH Noer Ali Kalimalang bukan diperuntukkan untuk kendaraan bertonase lebih dari delapan ton.

Pasalnya, jalan tersebut merupakan kelas III sehingga hanya mampu dilintasi kendaraan dengan Muatan Sumbu Terberat (MST) delapan ton.

"Sudah jelas dan sopir seharusnya tahu itu. Karena sebenarnya jalan Kalimalang Bekasi itu kelas III tidak boleh dilintasi truk bertonase lebih dari 8 ton," katanya kepada Wartakota, Selasa (4/12/2018).

Bambang menjelaskan aturan itu juga tertuang dalam Peraturan Meteri (Permen) PUPR soal klasifikasi jalan dan beban maksimal jalan.

"Sudah jelas aturannya sebenarnya, kalau Jalan Kalimalang itu kelas 3 batasannya 8 ton. Kita diamkan malah banyak truk melintas Kalimalang, dampaknya kemacetan dan jalan berlubang besar karena itu tadi jalan tidak mampu menahan beban lebih dari 8 ton," ungkapnya.

Bambang menilai sosialisasi dan penilangan ini tidak perlu dilakukan jika tumbuh kesadaran kepada sopir truk.

"Kembali lagi sopir itu kurang memahami. Mangkanya kita pertegas dan perjelas aturan larangan itu. Kalau tidak sebentar bentar jalan bisa rusak," ujarnya.

Pantauan Wartakota, banyak truk yang mengetahui ada rambu larangan itu, mereka yang habis keluar tol ingin melewati Jalan Kalimalang kembali masuk Gerbang Tol Kalimalang 2.

Namun, masih ada sejumlah truk yang nekad hendak masuk ke Jalan KH Noer Ali Kalimalang Bekasi, langsung diberhentikan petugas Dishub yang telah menunggu usai rambu larangan tersebut.

Satu persatu kelengkapan surat-surat diperiksa hingga akhirnya dilalukan tilang karena melanggar aturan truk bertonase 8 ton lebih melintasi Kalimalang.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved