Ditlantas Polda Metro Jaya Buka Pelayanan SIM D Untuk Penyandang Disabilitas

Pelayanan SIM D untuk penyandang disabilitas dibuka oleh Ditlantas Polda Metro Jaya di Bekasi.

Ditlantas Polda Metro Jaya Buka Pelayanan SIM D Untuk Penyandang Disabilitas
WARTA KOTA/PANJI BASKHARA RAMADHAN
Dalam rangka menyambut Hari Disabilitas Internasional 2018, pihak Ditlantas Polda Metro Jaya membuka pelayanan dalam pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) D, di Halaman Parkir Summrecon Mall, Kecamatan Marga Mulya, Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/12/2018). 

DALAM rangka menyambut Hari Disabilitas Internasional 2018, pihak Ditlantas Polda Metro Jaya membuka pelayanan dalam pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) D, di Halaman Parkir Summrecon Mall, Kecamatan Marga Mulya, Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/12/2018).

Pelayanan pembuatan SIM sepeda motor yang dikhususkan penyandang disabilitas tersebut, disambut antusiasme para disabilitas saat itu.

Dalam meningkatkan inovasi agar makin dekat dengan masyarakat, pembuatan-perpanjangan SIM D dibuka Ditlantas PMJ bagi penyandang disabilitas. Tampak para disabilitas ini datangi halaman parkir menggunakan kurso roda guna mendapatkan pelayanan khusus tersebut.

Para penyandang ingin memiliki SIM D sepeda motor, rata-rata ingin mendapatkan pekerjaan layak seperti jasa kurir barang, dan ojek. Tidak hanya itu, kegigihan dalam mendapatkan SIM D tampak di wajah para disabilitas ini.

Mengikuti test tertulis hingga praktik, dilakoni para penyandang disabilitas seperti umumnya. Beberapa mereka juga tampak bahagia, ketika kegigihannya mengikuti ujian teori dan praktik dinyatakan lulus dan mendapatkan SIM D yang diinginkannya.

"Senang sekali penyandang seperti saya ini ya bisa mengendarai sepeda motor sesuai aturan yang berlaku. Saya dapatkan SIM D ini, karena ingin berjualan sayur keliling, dan sorenya ojek pangkalan. Setidaknya, dengan memiliki SIM D saya punya pekerjaan seperti orang lain pada umumnya," ucap penyandang disabiblitas, Arif Kusno (38).

Sementara, Kepala Seksie (Kasie) SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Fahri Siregar mengatakan, jika Ditlantas Polda Metro Jaya selalu berupaya berinovasi dengan cara dekatkan pelayanan kepada masyarakat. Dikatakannya, sebanyak 50 lebih penyandang cacat datang antusias untuk memperpanjang masa berlaku dan membuat SIM D.

Dalam rangka menyambut Hari Disabilitas Internasional 2018, pihak Ditlantas Polda Metro Jaya membuka pelayanan dalam pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) D, di Halaman Parkir Summrecon Mall, Kecamatan Marga Mulya, Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/12/2018).
Dalam rangka menyambut Hari Disabilitas Internasional 2018, pihak Ditlantas Polda Metro Jaya membuka pelayanan dalam pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) D, di Halaman Parkir Summrecon Mall, Kecamatan Marga Mulya, Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/12/2018). (WARTA KOTA/PANJI BASKHARA RAMADHAN)

"Kami tidak akan berhenti berinovasi dan terus mendekatkan diri kepada masyarakat. Seperti pelaksanaan SIM Komunitas bagi penyandang disabilitas yang dilakukan di Sumarecon Mall Bekasi ini. pemohon Disabilitas yang dapatkan SIM D baru ada sekitar 53 lembar. Sedangkan 1 lembar merupakan perpanjangan," paparnya.

Fahri mengungkapkan jika semua persyaratan serta tahapan tata cara pengajuan SIM D (baru dan perpanjangan) sama seperti di kantor SIM Daan Mogot, Jakarta Barat.

"Tetapi buat mereka, mendapatkan perlakukan khusus pemohon (SIM D) wajib ikuti ujian teori dan praktik. Bermula, pemohon harus lengkapi persyaratan administrasinya dulu, ikuti ujian di sini baik teori maupun praktik. Untuk di medan ujian praktiknya kami buat sedemikian rupa di lokasi, sesuai dengan standarnya," ungkapnya.

Fahri sangat mengapresiasi penyandang cacat yang mengurus SIM D itu. Menurutnya, mereka dengan membuat serta memperpanjang masa berlaku SIM D, merupakan bentuk kepatuhan serta mendukung gerakan tertib berlalu lintas.

"Saya harap kepada seluruh penyandang cacat tubuh (disabilitas) untuk mengurus SIM D. Hal ini sebagai bentuk kepatuhan dan mendukung gerakan tertib berlalu lintas," jelasnya.

Penulis: Panji Baskhara Ramadhan
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved