Jokowi: Setop Ekspor Bahan Mentah!

Adanya hilirisasi industri, maka persoalan defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD) dapat diatasi dengan mudah.

Jokowi: Setop Ekspor Bahan Mentah!
ISTIMEWA
Presiden Jokowi saat berpidato di Festival11 yang digelar Partai Solidaritas Indonesia (PSI), di ICE BSD, Tangerang, Minggu (11/11/2018). 

PRESIDEN Joko Widodo meminta para pengusaha berhenti mengekspor bahan mentah, dan beralih membangun industri hilir di dalam negeri.

"Memang paling enak ekspor mentahan. Kita keenakan yang namanya nyangkul, kirim, dapet uang, ini harus dihentikan," kata Jokowi di Jakarta, Senin (3/11/2018).

Menurut Jokowi, setiap tahun Indonesia mengekspor 480 juta ton batubara mentah. Padahal, jika ada hilirisasi industrinya sejak awal, maka komoditas tersebut dapat diolah menjadi LPG dan avtur.

Ayahnya Meninggal, Zumi Zola Diizinkan KPK Hadiri Pemakaman

"Kalau belum siap teknologinya, beli saja, cari saja, selalu saya dorong. Menyelesaikannya memang enggak mudah, sekali lagi hilirisasi," ujar Jokowi.

Adanya hilirisasi industri, maka persoalan defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD) dapat diatasi dengan mudah, di mana selama ini hal tersebut masih menjadi masalah bagi Indonesia.

"Ini sudah berpuluh tahun bahwa problem besar kita adalah CAD. Kita tahu, tapi kita tidak pernah mengeksekusi masalahnya, sehingga dalam duatahun ini saya terus berkonsentrasi di sini," paparnya.

"Hal seperti ini tidak bisa kita terus-teruskan. Saya mengajak seluruh CEO agar lakukan industrialisasi dan hilirisasi. Setop ekspor bahan mentah. Memang ekspor lebih enak daripada industri," sambung Jokowi. (Seno Tri Sulistiyono)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved