Pemilu

Jika Terpilih Sandiaga Uno Bebaskan Pajak UMKM Digital

Sandi bertemu dengan para pelaku UMKM dalam diskusi di Yoshugimedia Group, Jalan Wonosari, Bantul, Yogyakarta pada Minggu (2/12/2018)

Jika Terpilih Sandiaga Uno Bebaskan Pajak UMKM Digital
Dok. Tim Pemenangan Prabowo-Sandiaga
CAWAPRES nomor urut 02, Sandiaga Uno, saat berkunjung ke sentra produksi sapu ijuk di Desa Banaran, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Sabtu (1/12/2018). 

Palmerah, Warta Kota. Janji mendukung pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ditegaskan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2, Sandiaga Uno lewat program Ekonomi Prabowo-Sandiaga Uno. Dalam program tersebut, pihaknya akan menghapuskan pajak digital selama dua tahun. 

Foto Tim Pemenangan Prabowo-Sandiaga Uno
Foto Tim Pemenangan Prabowo-Sandiaga Uno (Warta Kota)

Kabar baik tersebut diungkapkan Sandi-sapaan Sandiaga Salahudin Uno, ketika bertemu dengan para pelaku UMKM dalam diskusi di Yoshugimedia Group, Jalan Wonosari, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Minggu (2/12/2018) kemarin.  

“Diskusi mengenai UMKM digital yang sekarang tumbuh kembang di Yogya, sebagai tulang punggung penciptaan lapangan kerja ke depannya. Ini ada masukan, agar pajak bisa diberi keringanan insentif dua tahun pertama," kata Sandi. 

Tidak hanya terkait pengurangan pajak, pemerintah dalam kepemimpinannya juga akan mengeluarkan kebijakan berupa pemberian keringanan ongkos pengiriman produk UMKM yang dijual melalui online. 

“Bantuan untuk ongkos pengiriman, banyak yang jual ke luar negeri tapi yang memberatkan ongkos pengiriman ke luar negeri. Juga permasalahan klasik perizinan, SDM, nanti bisa cari solusi dengan duduk bersama para pelaku UMKM untuk memacu kemandirian ekonomi di era industri 4.0,"jelasnya.

Foto Tim Pemenangan Prabowo-Sandiaga Uno
Foto Tim Pemenangan Prabowo-Sandiaga Uno (Warta Kota)

Menurut Sandi, UMKM berkonstribusi 97,7 persen bagi penyerapan lapangan kerja di Indonesia. Sebanyak 60 persen ekonomi Indonesia juga berasal dari kontribusi UMKM.

“Di Yogya, digital market kontribusinya di atas 25 persen sampai 30 persen," imbuhnya.

Sementara itu, perwakilan dari Yoshugimedia Group, Yoyok Rubianto berharap masukan dari para pelaku UMKM digital ini bisa menjadi perhatian utama.

“Masukan dari teman-teman, suatu saat ada insentif untuk kiriman barang ke luar negeri, seperti di China, sehingga bisa berkompetisi dengan China maupun negara lain," ujar Yoyok.

“Juga insentif pajak di 2 tahun pertama, sekira bisa dilaksanakan sangat membantu, bisa memberi kesempatan untuk tumbuh bagi pelaku start up UMKM digital," tambahnya. (dwi)

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved