Empat Fakta Tol Bocimi yang Sudah Beroperasi Sampai Cigombong

Dengan beroperasinya Tol Bocimi, waktu dan jarak tempuhnya bisa dipangkas secara signifikan

Empat Fakta Tol Bocimi yang Sudah Beroperasi Sampai Cigombong
TRIBUNNEWS/RINA AYU
Presiden Joko Widodo meresmikan proyek jalan Tol Bocimi seksi 1 ruas Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 kilometer, di Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/12/2018). 

Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi 1 Ciawi-Cigombong akhirnya diresmikan Presiden Joko Widodo pada Sabtu (1/12/2018) lalu.

Tol Bocimi ini telah lama ditunggu-tunggu masyarakat Jabodetabek, khususnya yang ingin bepergian ke Sukabumi. Pasalnya, setelah penetapan lelang Tol Bocimi tahun 1997, proyek ini mangkrak.

Hal itu karena proses pembebasan lahan yang sulit. Tak hanya itu, kepemilikan saham PT Trans Jabar Tol selaku pengelola jalan tol ini juga berpindah-pindah, mulai dari konsorsium Bukaka Teknik Utama, Bakrie Group, hingga MNC Group.

Karena tak kunjung menunjukkan perkembangan signifikan, pada 2015, Jokowi memerintahkan PT Waskita Karya (Persero) Tbk melalui anak usahanya, Waskita Toll Road, mengambil alih proyek ini.

Sejak diambil alih pada 2015, progres proyek ini menunjukkan perkembangan positif. Tol Bocimi terbagi ke dalam empat seksi.

Seksi 2 Cigombong–Cibadak sepanjang 11,98 kilometer, Seksi 3 Cibadak–Sukabumi Barat sepanjang 13,7 kilometer, dan Seksi 4 Sukabumi Barat–Sukabumi Timur sepanjang 13,05 kilometer.

Setelah Seksi 1 diresmikan, penggarapan Seksi 2 hingga 4 masih berproses. Jokowi mengatakan, banyak keuntungan yang didapatkan masyarakat dengan beroperasinya Tol Bocimi.

Berikut keuntungan Tol Bocimi bagi warga Jabodetabek:

1. Memangkas waktu tempuh

Selama ini, masyarakat Jabodetabek memerlukan waktu 5-7 jam untuk menuju Sukabumi. Jarak tempuhnya juga cukup panjang, sekitar 120 kilometer.

Halaman
12
Editor: ahmad sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved