30 Tahun Tak Dikeruk, Kedalaman Kali Bekasi Tinggal Dua Meter

Sriwati mengungkapkan, akibat pendangkalan tersebut, sejumlah wilayah Kota Bekasi dilanda banjir.

30 Tahun Tak Dikeruk, Kedalaman Kali Bekasi Tinggal Dua Meter
WARTA KOTA/MUHAMMAD AZZAM
Kali Bekasi 

SUDAH 30 tahun Kali Bekasi tidak dikeruk. Hal itu membuat pendangkalan akibat lumpur yang mengendap. Kini, kedalaman Kali Bekasi hanya dua meter, dari sebelumnya 10 meter lebih.

"Ya sudah puluhan tahun tidak dikeruk, ada 30 tahun lebih. Sekarang paling kedalaman kali hanya dua meter," kata Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bekasi, Mas Sriwati, Senin (3/12/2018).

Sriwati mengungkapkan, akibat pendangkalan tersebut, sejumlah wilayah Kota Bekasi dilanda banjir.

Analisis Investigasi Kecelakaan Lion Air PK-LQP Bisa Berubah Jika CVR Ditemukan

"Ya itu tadi, kalau hujan deras dan air kiriman dari Kali Cikeas dan Cileungsi ya sering kali meluap,  menyebabkan banjir di sejumlah wilayah bantar Kali Bekasi," ungkapnya.

Untuk itu, lanjut Sriwati, pihaknya sudah sering kali meminta Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung dan Cisadane (BBWSCC) sebagai pemegang wewenang Kali Bekasi untuk direhabilitasi.

"Kita sudah komunikasi dengan BBWSCC karena wewenangnya. BBWSCC itu di bawah pemerintah pusat Kementerian PUPR. Kalau kita hanya sebatas perawatan saja, seperti angkut sampah di kali," tuturnya.

Kasasi Ditolak, Eksekusi Buni Yani Tinggal Tunggu Petikan Putusan Mahkamah Agung

Sementara, Kepala BBWSCC Bambang Hidayah mengungkapkan, tidak kunjung dikeruknya Kali Bekasi dikarenakan keterbatasan anggaran yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada instansinya.

"Iya, memang idealnya kami terima Rp 4 triliun untuk melakukan restorasi keseluruhan. Tapi karena kita dapat anggarannya sedikit-sedikit, jadi kita kerjakan yang prioritas terlebih dahulu," paparnya.

Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto menyebut, Kali Bekasi yang tak kunjung dinormalisasi selama 30 tahun mengakibatkan banjir di Kota Bekasi. Ada sebanyak 49 titik banjir di Kota Bekasi. Hampir semua titik itu berada dekat Kali Bekasi.

"Memang ini masalahnya, Kali Bekasi sudah lama tidak dinormalisasi, restorasi, maupun rehabilitasi. Dari 49 titik banjir di Kota Bekasi, hampir semua karena dekat Kali Bekasi," bebernya, seusai Simulasi Kesiapsiagaan Bencana Banjir di Kalimalang, Kamis (29/11/2018). (*)

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved