Mensos Sebut Stigma Penyandang Disabilitas Masih Ada di Masyarakat

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menilai, masih ada saja stigma bagi penyandang disabilitas di mata masyarakat.

Mensos Sebut Stigma Penyandang Disabilitas Masih Ada di Masyarakat
Warta Kota/Fitriyandi Al Fajri
Menteri Sosial Agus Gumiwang sedang mencoba kursi roda penyandang disabilitas dalam acara peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) di Summarecon Bekasi, Kota Bekasi pada Minggu (2/12/2018). 

MENTERI Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menilai, masih ada saja stigma bagi penyandang disabilitas di mata masyarakat.

Sebagai warga negara, penyandang disabilitas juga mempunyai kedudukan hukum dan hak asasi manusia yang sama dengan masyarakat lain.

“Untuk mewujudkannya, pemerintah telah menerbitkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Aturan ini mengajak semua pihak untuk mewujudkan kesamaan hak dan kesempatan bagi penyandang disabilitas menuju kehidupan yang sejahtera, mandiri dan tanpa diskriminasi,” kata Agus Gumiwang Kartasasmita pada Minggu (2/12/2018) siang.

Hal itu dikatakan Agus Gumiwang Kartasasmita saat membuka pameran dalam peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) di Summarecon Mal Bekasi, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi.

Pameran yang menampilkan hasil karya dan sejumlah layanan publik yang memenuhi hak dasar penyandang disabilitas ini dihadiri oleh ribuan orang.

Menurut Agus Gumiwang Kartasasmita, ada 24 hak dasar bagi penyandang disabilitas dalam UU tersebut.

Salah satunya adalah hak memperoleh pekerjaan demi mensejahterakan keluarganya.

Upaya ini sebetulnya telah didukung oleh aturan perusahaan yang mensyaratkan minimal dua persen karyawannya merupakan penyandang disabilitas.

Namun, khusus untuk Kementerian Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita meminta kuotanya lebih dari dua persen.

"Mereka juga mampu, dan kesempatan itu harus diberikan agar mereka berdaya dan mandiri. Bagi penyandang disabilitas yang termasuk penyandang masalah kesejahteraan sosial, kesempatan tersebut juga membuka peluang mereka hidup sejahtera," kata Gumiwang Kartasasmita.

Halaman
123
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved