Sampah

Satpol PP Bekasi Tak Bisa Tindak Pembuang Sampah Sembarangan di Jalan Karang Satria Bekasi

Tumpukan sampah memenuhi pinggir Jalan Karang Satria, Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi.

Satpol PP Bekasi Tak Bisa Tindak Pembuang Sampah Sembarangan di Jalan Karang Satria Bekasi
Warta Kota/Muhammad Azzam
Tumpukan sampah penuhi pinggir Jalan Karang Satria, Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, Jumat (30/11/2018). 

WARTA KOTA, BEKASI --- Tumpukan sampah penuhi pinggir Jalan Karang Satria, Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, Jumat (30/11/2018).

Padahal, di lokasi itu terdapat plang bertuliskan larangan  membuang sampah. Tapi, tempat ini tetap dipenuhi tumpukan sampah.

Dalam plang larangan itu berbunyi, 'Sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2012 tentang Ketertiban Umum, dilarang sampah'>buang sampah di lokasi ini. Bagi yang melanggar akan dikenakan sanksi pidana kurungan 6 bulan atau denda 50 juta'.

Selain jarang diangkut, tidak ada tindakan tegas dari pemerintah setempat disinyalir menjadi penyebab sampah itu semakin menumpuk.

Timbunan Sampah Kulit Kerang Ciptakan Daratan Baru di Muara Angke Penjaringan

Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi tidak bisa menjalankan Perda tersebut bukan wewenangnya.

"Bukan wewenang dan tugas kita, itu kan karena harus sampai ke pengadilan. Dan untuk memproses itu bukan tugas kita, kita bukan penegak Perda," tutur  Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Jaoharul Allam, Kamis (30/11/2018).

"Jadi untuk penegak Perda di satpol PP.  Jadi selama ini mekanismenya yang nangkap itu harus dari Satpol PP. Lalu diajukan ke pengadilan kalau denda," ujarnya lagi.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kabupaten Bekasi, Hudaya mengatakan, pihaknya juga belum bisa melaksanakan Perda Nomor 4 Tahun 2012 terkait penindakan mereka yang sampah sembarangan'>buang sampah sembarangan.

"Terkait penegakkan Perda itu, ada satu kendala yaitu karena Peraturan Bupati (Perbup) dari Perda itu belum ada. Jadi Perbup belum ada, saya juga baru tahu itu karena belum setahun jadi Kepala Satpol PP," katanya.

Warga Bekasi Tuding DKI Jakarta Sumbang Sampah Plastik di Laut Muara Gembong

"Setelah saya pelajari Perbup dari Perda itu belum terbit. Makanya kita sedang menyiapkan itu," kata Hudaya,  Jumat (30/11/2018).

Halaman
12
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved