Saat Kampanye Ridwan Kamil Janji Bangun Apartemen, Nelayan Muara Gembong Tunggu Realisasinya

Nelayan Muara Gembong Kabupaten Bekasi, menunggu janji kampanye Ridwan Kamil yang akan membangun rumah susun modern seperti apartemen khusus nelayan.

Saat Kampanye Ridwan Kamil Janji Bangun Apartemen, Nelayan Muara Gembong Tunggu Realisasinya
Warta Kota/Muhammad Azzam
Nelayan Muara Gembong Kabupaten Bekasi, menunggu janji kampanye Ridwan Kamil yang akan membangun rumah susun modern seperti apartemen khusus nelayan. 

NELAYAN Muara Gembong Kabupaten Bekasi, menunggu janji kampanye Ridwan Kamil yang akan membangun rumah susun modern seperti apartemen khusus nelayan.

Pasalnya, hunian itu sangat diperlukan mengingat wilayah itu kerap kali terkena abrasi.

"Kita tunggu realisasi janji kampanyenya. Kondisi permukiman di perkampungan nelayan Muara Gembong belum layak," kata Yusuf Maulana, pegiat lingkungan di Muara Gembong, Jumat (30/11/2018).

Yusuf mengungkapkan para nelayan menunggu realisasi Ridwan Kamil yang saat ini telah menjadi Gubernur Jawa Barat untuk merehabilitasi kawasan Muara Gembong itu.

"Kawasan Muara Gembong itu banyak yang rusak karena abrasi. Sedikitnya, dua kampung sejak 10 tahun terakhir hilang karena terkena abrasi. Jadi nelayan ini tinggal dalam ancaman abrasi, kalau sudah ada hunian itu setidaknya bisa dievakuasi ke kesana," ungkapnya.

Ia mengatakan sejak dulu kawasan Muara Gembong tak pernah disentuh pembangunan kondisinya pun serasa tertinggal jauh.

"Ini memang dari segi kehidupan sudah tidak layak. Lingkungan sudah parah, banjir rob sering menggenangi pemukiman. Warga saja tidak punya kamar mandi, mereka buang air di aliran Kali Citarum," ucapnya.

Warga Muara Gembong lainnya, Ningsing mengaku wilayahnya kurang disentuh pemerintah setempat.

Ia sangat mengapresiasi langkah Ridwan Kamil dalam melakukan pembenahan kawasan Muara Gembong, khususnya pemukiman nelayan.

"Saya senang, itu yang kita inginkan. Kita tunggu semoga segera benahi. Soal hunian, air bersih hingga MCK itu tidak ada di kami,"jelasnya.

Camat Muara Gembong, Junaefi mengatakan, pihanya mendukung program dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam merehabilitasi total.

"Kami harapkan programnya segera direalisasikan. 10 tahun terakhir sudah ada dua wilayah hilang ditinggal warga karean kena abrasi di Kampung Beting Desa Pantai Bahagia dan Desa Pantai Mekar," ujar Junaefi. (M18)

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved