Legislator Bekasi Minta KPK Awasi Penyertaan Modal PDAM Tirta Bhagasasi

"Kami sebagai legislator tentu terbuka dan setuju bila KPK ikut mendampingi dan mengawal kegiatan yang dilakukan oleh PDAM."

Legislator Bekasi Minta KPK Awasi Penyertaan Modal PDAM Tirta Bhagasasi
Ilustrasi warga terpaksa membeli air karena aliran dari PDAM Tirta Bhagasasi terputus akibat kebocoran pipa. 

WARTA KOTA, BEKASI --- Legislator Kabupaten Bekasi meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengawasi anggaran penyertaan modal dari pemerintah daerah kepada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi.

Selain untuk menghindari dugaan penyelewengan, menggandeng lembaga anti rasuah dianggap perlu.

Apalagi beberapa waktu lalu, Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin ditangkap KPK atas dugaan penyuapan perizinan kawasan Meikarta.

"Kami sebagai legislator tentu terbuka dan setuju bila KPK ikut mendampingi dan mengawal kegiatan yang dilakukan oleh PDAM," kata Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bekasi Jejen Sayuti, Selasa (27/11/2018).

Diguyur Rp 197 Miliar, PDAM Tirta Bhagasasi Bakal Bangun Instalasi Pipa Baru di Semua Kecamatan

Jejen mengatakan, pendampingan KPK terhadap Tirta Bhagasasi perlu dilakukan karena nilai dana yang dikucurkan cukup besar sekitar Rp 197 miliar.

Penyertaan modal pada PDAM Tirta Bhagasasi itu diputuskan melalui rapat paripurna pansus 29 DPRD Kabupaten Bekasi pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) tahun 2018.

"Kalau Pemerintah Kabupaten Bekasi mau aman (pengelolaan dana modal), pakai pendampingan hukum dari KPK untuk pelaksanaan proyek-proyek besar," ujarnya.

Sejak tahun 2002 hingga 2008, PDAM Tirta Bhagasasi mendapat suntikan anggaran dari APBD Kabupeten Bekasi sebesar Rp 236 miliar.

Jika ditotal, Tirta Bhagasasi mengajukan anggaran dari 2018 sampai 2022 mencapai Rp 906 miliar.

Rencananya, dana tersebut digunakan PDAM Tirta Bhagasasi untuk sejumlah pembangunan infrastruktur seperti Instalasi Pengelolaan Air (IPA), pembuatan reservoir, dan boosterpump di wilayah Kabupaten Bekasi.

Sepakat Pisah, PDAM Tirta Bhagasasi Tetap Terima Penyertaan Modal

Halaman
12
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved