Jalur Puncak Selalu Macet, Kementerian PUPR Lebarkan Jalan

Pelebaran jalan dilakukan mulai dari Gadog, Ciawi hingga Megamendung, Cisarua.

Jalur Puncak Selalu Macet, Kementerian PUPR Lebarkan Jalan
istimewa
Pelebaran jalur lalu lintas di kawasan wisata Puncak, Bogor, Jawa Barat yang dimulai November 2018 dan diperkirakan rampung pada 2019(Dok. Humas Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR) 

Kemacetan hampir selalu terjadi saat hari libur atau akhir pekan di sepanjang jalur menuju kawasan wisata Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Kepadatan arus lalu lintas juga terjadi saat memasuki libur Natal tahun lalu. Kendaraan roda dua maupun roda empat tampak mengular di Jalan Raya Cipayung, Kecamatan Megamendung, Puncak Bogor sejak Jumat (22/12/2017) petang, demikian dilansir Kompas.com.

Volume kendaraan bermotor menuju Puncak terjadi sejak siang. Tak ayal, kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak mengalami kemacetan hingga 6 kilometer (km).

Antrean kendaraan bermotor mulai dari Simpang Gadog hingga Pasar Cisarua tak bisa dielak.

Tingginya minat masyarakat Jakarta dan sekitarnya untuk menikmati libur akhir tahun ke Puncak tampaknya tak pernah surut.

Pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini tengah melakukan pelebaran jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat. Pelebaran dilakukan mulai dari Gadog, Ciawi hingga Megamendung, Cisarua.

Tujuannya, mengurai kemacetan dari arah Jakarta menuju kawasan Puncak dan sebaliknya yang kerap terjadi pada akhir pekan atau libur panjang.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam siaran tertulis Senin (26/11/2018) mengatakan, pelebaran jalur puncak merupakan bagian dari penataan kawasan Puncak bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bogor.

Upaya itu tentu saja tak bisa terealisasi bila tak diikuti dengan pemindahan pedagang kaki lima ke tempat yang lebih layak dan aman.

Penataan kawasan Puncak, ia melanjutkan, juga merupakan salah satu upaya jangka panjang mengurangi risiko terjadinya longsor pada jalur Puncak akibat adanya perubahan pemanfaatan ruang, curah hujan tinggi, dan kondisi topografi.

Halaman
123
Editor: ahmad sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved