Pencurian

4 Pencuri Gondol Uang Rp 2 Miliar dan Perhiasan Emas Seberat 1,2 Kg di Toko Bangunan Dibekuk

Keempat pelaku yang ditangkap berinisal MS, R, H, dan IF. Sedangkan dua pelaku buron yakni A dan N.

4 Pencuri Gondol Uang Rp 2 Miliar dan Perhiasan Emas Seberat  1,2 Kg di Toko Bangunan Dibekuk
Warta Kota/Muhammad Azzam
Empat pelaku pencurian perhiasan emas dan uang tunai Rp 2 miliar di toko bangunan di Kabupaten Bekasi, dibekuk di Purwakarta dan Purbalingga, Jawa Tengah, Senin (26/11/2018). 

WARTA KOTA, BEKASI --- Komplotan pencuri yang menggasak uang tunai Rp 2 miliar dan emas 1,2 kilogram di toko bangunan diringkus di Purwokerto dan Purbalingga, Jawa Tengah, Senin (27/11/2018) malam.

Pencurian itu terjadi di toko bangunan Sinar Agung Jalan Buwek RT 002/RW 020 Desa Sumber Jaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.

"Ada 4 pelaku yang kami tangkap, 2 pelaku lagi masih kami kejar," kata Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi AKBP Rizal Marito, di Mapolrestro Bekasi, Selasa (27/11/2018).

Dua Pencuri Sepeda Motor Spesialis Yamaha Mio Ditangkap Polisi, di Koja Ada 7 Laporan Pencurian

Keempat pelaku yang ditangkap berinisal MS, R, H, dan IF. Sedangkan dua pelaku buron yakni  A dan N.

Rizal mengatakan, komplotan pencuri itu menjalankan aksinya saat toko bangunan ini ditinggal pemiliknya ke kampung halamannya.

Mereka masuk dalam toko dengan cara memanjat pohon samping di rumah untuk masuk ke depan kamar lantai atas.

Kemudian pelaku merusak pintu kamar menggunakan obeng.

Pelaku mengambil perhiasan seberat 1,2 kilogram senilai Rp 700 juta dan uang tunai Rp 2 miliar yang disimpan di dalam lemari dan tas pemilik rumah.

"Korban langsung melapor dan kami lakukan penyelidikan. Hasilnya pelaku kami tangkap di Purwokerto dan Purbalingga," ucapnya.

Rizal mengungkapkan, penangkapan pelaku pencurian itu berawal dari kecurigaan pihak kepolisian karena pelaku mengetahui tempat penyimpanan uang tunai dan perhiasan di toko bangunan tersebut.

"Jadi memang setelah kita telusuri, ini pelaku pasti orang dekat soalnya bisa tahu rumah kosong dan tempat menyimpan uang dan perhiasan itu. Benar ternyata ada peran pembantu korban dalam aksi pencurian itu," ucapnya.

Pelaku Pencurian Laptop Diamuk Massa di Apartemen Thamrin Resident Tower C Tanah Abang

Dia menambahkan, pembantu berinisial MS itu menginformasikan kepada sejumlah temannya yang lain untu melakukan aksi kejahatan.

"Jadi pelaku mudah masuk dan cepat dalam mengambil harta korban berkat informasi MS pembantu rumah tangga korban," ujar Rizal.

Atas perbuatannya, mereka dikenakan Pasal 363 KUHP kasus pencurian dengan ancaman maksimal tujuh tahun penjara. 

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved