Lebarkan Sayap, Damri Sulap Bus Tua Jadi Hotel

PERUM Damri menyulap 70 unit bus lama menjadi hotel, yang akan ditempatkan di Tanjung Kalayang, Belitung. Hotel itu bernama Damri Camper Site Resort.

Lebarkan Sayap, Damri Sulap Bus Tua Jadi Hotel
TRIBUNNEWS/BRIAN PRIAMBUDI
Perum Damri menyulap bus lama menjadi hotel, yang akan ditempatkan di Tanjung Kalayang, Belitung. Hotel itu bernama Damri Camper Site Resort. 

PERUM Damri menyulap 70 unit bus lama menjadi hotel, yang akan ditempatkan di Tanjung Kalayang, Belitung. Hotel itu bernama Damri Camper Site Resort.

Direktur Utama Perum Damri Setia N Milatia Moemin mengatakan, Damri Camper Site Resort merupakan upaya Damri dalam melebarkan sayap usaha.

"Pada 2019 sasaran kami bukan hanya transportasi, tapi juga akan optimalisasi aset. Contohnya tadi sudah lihat bus hotel itu adalah perpanjangan life cycle," ujar Tia, sapaan akrabnya, di Pul Damri Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (26/11/2018).

Begini Pandangan Putra Hotman Paris Hutapea Soal Kasus Baiq Nuril Maknun

Tina menyebutkan, alasan Damri mengubah bus lamanya menjadi kamar hotel, dikarenakan biaya yang dibutuhkan untuk membangun kamar hotel dari sebuah bus juga dinilai lebih efisien.

"Untuk membuat bus yang besar sekitar Rp 300 juta. Lebih murah dibanding buat kamar hotel, biasanya untuk bintang empat sekitar Rp 500 jutaan. Tetapi yang mahal ada di pertamanannya, landscape, dapurnya, ternyata mahal," paparnya.

Meski bus yang digunakan sebagai Camper Site ini bukan tergolong armada baru, Damri menjamin keawetan tiap unit yang disediakan.

Erick Thohir Tertantang Perbaiki Sepak Bola Indonesia, tapi Ogah Jadi Ketua Umum PSSI

Hal terssebut dikarenakan bus yang digunakan dipilah berdasarkan rangka dan bodi yang kokoh sebelum akhirnya disulap menjadi hotel.

"Ini agar optimal semua. Jadi sampai titik darah terakhir semuanya dimanfaatkan," ungkap Tia.

Namun, Tia menjelaskan, operasional bus hotel ini tidak akan dikendalikan oleh Perum Damri.

Sandiaga Uno Mau Tonton Film A Man Called Ahok Kalau Diundang

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi langkah inisiatif Damri untuk mengubah bus lama menjadi sebuah hotel.

"Ini saya apresiasi, membuat bus lama menjadi hotel. Karena seperti di Belitung atau Silangit di Medan itu butuh hotel-hotel yang bisa moveable," ucap Budi Karya Sumadi.

Rencananya, Perum Damri akan menggandeng operator hotel yang memiliki pengalaman lebih untuk memberikan jasa terkait penginapan.

Pembunuh Satu Keluarga Sempat Obati Telunjuknya ke Klinik di Cikarang, kepada Perawat Mengaku Jatuh

"Terus terang kami tak akan mengoperasikan bus hotel itu. Akan dioperasikan oleh perusahaan BUMN yang memang kompetensinya di bisnis hotel. Jadi operator lah, kami bagi hasil dan investasi," terangnya.

Ketika dikonfirmasi mengenai pihak yang akan diajak kerja sama, Tia memaparkan Patra Jasa akan menjadi operator Damri Camper Site tersebut. (Brian Priambudi)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved