Sains

Kakinya Cuma 1 Sentimeter, Jejak Dinosaurus Terkecil Ditemukan di Korea Selatan 

DUNIA paleontologi kembali menambah koleksinya terkait dinosaurus. Kali ini bukan yang terbesar atau yang tertua, melainkan yang terkecil.

Kakinya Cuma 1 Sentimeter, Jejak Dinosaurus Terkecil Ditemukan di Korea Selatan 
Anthony Romilio
DINOSAURUS terkecil di dunia ditemukan di Korea Selatan 

DUNIA paleontologi kembali menambah koleksinya terkait dinosaurus. Kali ini bukan yang terbesar atau yang tertua, melainkan yang terkecil.

Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya jejak kaki yang hanya berukuran 1 sentimeter di Jinju City, Korea Selatan.

Temuan jejak kaki ini diperkirakan berasal dari 110 juta tahun lalu ketika dinosaurus, mamalia, dan burung berbagi tempat di bumi.

Lingwulong Shenqi, Dinosaurus Naga Pemakan Tumbuhan Ditemukan di Tiongkok

Ditemukan Fosil Dinosaurus Bertanduk

Lokasi tersebut memang sudah menyumbang banyak temuan tentang makhluk hidup zaman Cretaceous atau zaman kapur, mulai dari burung hingga mamalia.

Namun, para peneliti berkata bahwa temuan ini adalah sesuatu yang berbeda.

"Jejak kaki baru ini hanya berukuran satu sentimeter, yang berarti ini adalah dinosaurus yang mudah dipegang di tangan Anda. Ini adalah jejak dinosaurus terkecil di dunia," ujar Dr. Anthony Romilio dari University of Queensland seperti yang dikutip dari IFL Science pada Rabu (21/11/2018).

Dilihat dari ukuran panjang jejak kakinya, para peneliti menduga bahwa ukuran tubuh dinosaurus itu hanya sebesar burung gereja.

Jejak tersebut diperkirakan milik dinosaurus sejenis raptor, terlihat dari tiga kakinya yang bercabang. Meski demikian, mereka belum yakin apakah ini jejak kaki untuk raptor dewasa atau yang masih bayi.

Hipotesis yang muncul saat ini adalah temuan ini adalah jejak kaki milik raptor yang masih anak-anak. Hal ini karena jejak kaki yang sama juga ditemukan di sekitar lokasi tersebut, hanya saja jejak kaki tersebut berukuran lebih besar.

Romilio mengatakan, andai saja bentuk jejak kaki yang sama persis seperti ini ditemukan lebih banyak, maka hipotesis akan condong pada dinosaurus dengan usia dewasa.

Halaman
12
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved