E Commerce

Kredivo Masuk Daftar 100 Startup Tekfin Paling Inovatif di Dunia

KREDIVO, kartu kredit digital untuk milenial Indonesia, mendapat pengakuan bergengsi dari KPMG dan H2 Ventures serta Singapore Fintech Festival.

Kredivo Masuk Daftar 100 Startup Tekfin Paling Inovatif di Dunia
Istimewa
COO and Co-founder FinAccel, Umang Rustagi; CTO and Co-founder FinAccel, Alie Tan; dan CEO and Co-founder FinAccel, Akshay Garg foto bersama usai konferensi pers di Hause Rooftop, MD Place, Kuningan, Jakarta, Kamis (22/11/2018). 

KREDIVO, kartu kredit digital untuk milenial Indonesia, mendapat pengakuan dari dua ajang bergengsi, yakni masuk daftar Global Top 100 startup tekfin (teknologi finansial) yang diumumkan oleh KPMG dan H2 Ventures, serta menjadi startup regional nomor 1 kategori Usaha Kecil dan Menengah pada Singapore Fintech Festival.

Daftar Global Top 100 yang diumumkan KPMG dan H2 Ventures ini menyoroti 100 perusahaan-perusahaan tekfin atau Fintech yang paling inovatif di seluruh dunia. Kredivo adalah satu-satunya perusahaan penyedia pinjaman dari Asia Tenggara yang masuk daftar ini.

Sementara untuk Singapore Fintech Festival, merupakan festival tekfin terbesar di dunia yang menampilkan inovasi tekfin, dan mengakui startup yang telah memberikan dampak pada skala regional dan global.

Diselenggarakan bersama oleh Otoritas Moneter Singapura (MAS) dan sektor swasta, penghargaan yang diberikan telah melalui proses seleksi ketat, yang dilakukan oleh PwC, dan melibatkan para pakar industri sebagai juri.

COO and Co-founder FinAccel, Umang Rustagi; CTO and Co-founder FinAccel, Alie Tan; dan CEO and Co-founder FinAccel, Akshay Garg foto bersama usai konferensi pers di Hause Rooftop, MD Place, Kuningan, Jakarta, Kamis (22/11/2018).
COO and Co-founder FinAccel, Umang Rustagi; CTO and Co-founder FinAccel, Alie Tan; dan CEO and Co-founder FinAccel, Akshay Garg foto bersama usai konferensi pers di Hause Rooftop, MD Place, Kuningan, Jakarta, Kamis (22/11/2018). (Istimewa)

"Akses terhadap kredit merupakan persoalan besar bagi milenial Indonesia, dan kami menjawabnya melalui kemudahan, transparansi, dan fairness," kata Akshay Garg, Co-founder dan CEO FinAccel yang menaungi Kredivo saat konferensi pers di Hause Rooftop, MD Place, Kuningan, Jakarta, Kamis (22/11/2018).

"Kami sangat bersyukur hasil kerja kami dapat diakui, baik dalam skala global maupun regional. Kami berharap bisa membawa dampak yang lebih besar lagi di tahun-tahun mendatang," imbuhnya.

Rp 1 Triliun

Dalam jangka waktu 2,5 tahun sejak awal berdiri, Kredivo telah berkembang sebagai sistem pembayaran ecommerce dengan pertumbuhan paling pesat di Indonesia, dan sudah tersedia di hampir semua 10 ecommerce terbesar di Indonesia, dan hampir mencapai 250 secara keseluruhan.

Hingga kini, penyaluran kredit PT FinAccel Teknologi Indonesia (Kredivo) telah menyentuh lebih dari Rp1 triliun dengan jumlah pengguna lebih dari 1 juta akun.

CTO & Co-Founder Kredivo, Alie Tan, mengatakan saat ini Kredivo rata-rata penyaluran kreditnya mencapai belasan juta dolar Amerika Serikat per bulannya. Artinya, kredit yang disalurkan sudah lebih dari Rp1 triliun,

“Jumlah penggunanya telah mencapai lebih dari 1 juta akun dan terus meningkat lebih dari dua kali lipat pada 2018,” ungkap Alie Tan.

Pencairan pinjaman bulanan melonjak lebih dari tiga kali lipat bersamaan dengan angka non performing loan (NPL) yang setara dengan perbankan.

“Awalnya bisnis utama kami adalah pembiayaan lewat e-commerce. Namun pada 3 bulan yang lalu kami juga luncurkan personal loan yang bisa ditarik tunai. Kami harapkan ke depannya proporsi keduanya bisa 50-50,” tuturnya di kesempatan yang sama.

Saat ini sudah ada lebih dari 200 merchant yang bekerja sama dengan Kredivo, termasuk e-commerce gadget, transportasi, dan fesyen. Saat ini Kredivo tersedia di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Palembang, Medan, dan Bali. Pada tahun depan, Kredivo akan mengekspansi layanannya ke Makassar dan Yogyakarta.

“Tahun depan akan ke beberapa ke kota yang lebih kecil seperti Makassar dan Yogyakarta. Kami masih mempertimbangkannya,” tuturnya. 

Penulis: Mochammad Dipa
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved