Zola Indonesia Pekerjakan Penyandang Disabilitas untuk Membatik, Hasilnya Malah Indah

Mengalami cacat fisik bukanlah akhir dari segalanya dan bukan berarti seseorang tidak bisa bekerja.

Zola Indonesia Pekerjakan Penyandang Disabilitas untuk Membatik, Hasilnya Malah Indah
Warta Kota/Yosia Margaretta
Batik hasil karya penyandang disabilitas dari Zola Indonesia di Jakarta Convention Center, Senayan, Jumat (23/11/2018). 

MENGALAMI cacat fisik bukanlah akhir dari segalanya dan bukan berarti seseorang tidak bisa bekerja.

Hal ini dibuktikan oleh sebuah perusahaan yang bergerak di industri batik dan mempekerjakan karyawan yang memiliki latar belakang penyandang disabilitas.

Berlokasi di Jogjakarta, Zola Indonesia merupakan perusahaan yang memproduksi batik hasil kreasi para penyandang disabilitas.

Meskipun baru dua tahun menggandeng karyawan penyandang disabilitas, batik-batik yang diproduksi oleh Zona Indonesia banyak diminati oleh konsumen bahkan hingga konsumen mancanegara.

"Kita ada 15 orang sekarang kerja dan bermacam-macam penyandang disabilitas. Tapi kita konsentrasi di yang kurang fisik saja," ujar Riri.

Uniknya, batik-batik di Zola Indonesia yang dihasilkan oleh para penyandang disabilitas ini tidak mengikuti pola-pola batik pada umumnya di setiap daerah.

Perancang desain batik yang juga merupakan penyandang disabilitas ini bebas merancang desain sendiri sesuai dengan kreasi mereka.

"Kita di sini batiknya gak ada namanya atau batik darimana. Karena designer nya juga bebas mau bikin kayak gimana," tutur salah seorang pengurus Zola Indonesia, Riri, Jumat (23/11/2018).

Seperti misalnya penyandang disabilitas yang menderita cerebral palsy memiliki keterbatasan pada motoriknya.

"Kalau cerebral palsy atau CP itu kan tangannya seperti tremor terus. Jadi dia enggak bisa pakai canting. Akhirnya kita kasih kuas," tutur Riri.

Dengan menggunakan kuas, penyandang disabilitas seperti penderita cerebral palsy bisa menghasilkan garis-garis abstrak yang menjadikan batik tersebut terlihat indah.

"Banyak yang suka hasilnya. Walaupun abstrak tapi beda dari yang lain," tutur Riri.

Saat ini Zola Indonesia pun mengadakan pameran di Jakarta Convention Center, Senayan, assembly hall hingga 25 Oktober 2018 nanti.

Penulis: Yosia Margaretta
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved