Warga Rusun Penjaringan Memertanyakan Rencana Relokasi Sebab Belum Ada Kejelasan

Warga bersikeras untuk direlokasi sesuai dengan permintaan antara Rusun Kemayoran ataupun Wisma Atlet.

Warga Rusun Penjaringan Memertanyakan Rencana Relokasi Sebab Belum Ada Kejelasan
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Kondisi terkini Rusun Penjaringan di Jakarta Utara. 

Warga RW 06 Rusunawa Penjaringan, Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara memertanyakan rencana relokasi terkait proyek revitalisasi tahap II.

Pasalnya, hingga saat ini, belum ada kejelasan.

Ketua RW 06 Penjaringan Hartoyo mengatakan, warga bersikeras untuk direlokasi sesuai dengan permintaan antara Rusun Kemayoran ataupun Wisma Atlet.

Namun, hingga saat ini, belum ada kejelasan terkait permintaan itu.

“Intinya, warga Rusun Penjaringan RW 06 memertanyakan relokasi prarevitalisasi terhadap 10 blok bangunan rusun. Maksudnya sebelum direvitalisasi, warga minta direlokasi dulu,” katanya, Rabu (21/11).

Namun demikian, sejauh ini, belum ada pertemuan lanjutan dengan pihak terkait perihal permintaan relokasi itu. Alhasil bukan tidak mungkin rencana revitalisasi molor dari jadwal yang telah ditentukan.

“Kalau nggak direlokasi kayaknya revitalisasi 2019 bakal batal. Rencana kan tahun 2019 tapi kalau belum ada kepastian masalah permintaan relokasi, bisa mundur dan tidak sesuai rencana,” katanya.

Camat Penjaringan Mohammad Andri mengatakan, saat ini, masih dibahas terkait permintaan warga yang ingin direlokasi sementara.

Pasalnya, tidak mudah untuk memindahkan sekian banyak warga dalam waktu bersamaan.

“Solusinya masih dibahas. Masih tahap pembicaraan-pembicaraan aja dengan pengurus setempat seperti RW dan tokoh masyarakat. Itu kan jiga melibatkan pemerintah pusat, pemerintah pusat mau apa nggak belum tahu,” katanya.

Sekadar informasi, revitalisasi tahap II Rusunawa Penjaringan akan dilakukan pada tahun 2019 mendatang. Sebanyak 10 blok (A, B, C, D, H, I, J, K, L, M) yang terdiri dari 978 unit dengan 4.160 penghuni Rusunawa Penjaringan terdampak revitalisasi.

Revitalisasi tahap II Rusunawa Penjaringan akan membangun sebanyak 4 tower dimana setiap towernya terdiri dari 20 lantai. Luas unitnya pun akan ditambah dari sebelumnya 18 meter persegi, menjadi 36 meter persegi.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved