Gerakan Berbagi #BukuUntukIndonesia BCA Kumpulkan Rp 2,4 Miliar

COBA tanyakan pada 10 anak, pilih buku apa handphone? Bisa ditebak, sebagian besar akan memilih handphone. Era digital membuat buku beralih ke website

Gerakan Berbagi #BukuUntukIndonesia BCA Kumpulkan Rp 2,4 Miliar
Istimewa
SEREMONI penutupan gerakan berbagi #BukuUntukIndonesia, Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja dan Ketua Museum Rekor Indonesia (MURI) Jaya Suprana, Rabu (14/11/2018). Mereka didampingi Direktur BCA Santoso, Executive Vice President Corporate Social Responsibility BCA Inge Setiawati, Executive Vice President Transaction Banking Business Development BCA Mira Wibowo, serta Duta Baca Indonesia periode 2011 – 2015 Andy F Noya. 

COBA tanyakan pada 10 anak, pilih buku apa handphone? Bisa ditebak, sebagian besar akan memilih handphone. Era digital telah membuat kebiasaan buku juga beralih ke website.

Namun, bukan berarti kebiasaan membaca buku harus dihilangkan. Berbagai pihak harus terus mengusahakan agar kebiasaan membaca buku tak pernah padam.

Salah satunya PT Bank Central Asia Tbk (BCA) lewat gerakan berbagi #BukuUntukIndonesia. Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan, gerakan ini berupaya untuk men-trigger (memicu) kebiasaan anak untuk terus membaca buku.

"Kita perlu menyediakan dan mengarahkan buku untuk dibaca. Sehingga anak-anak akan Ketrigger untuk baca. Latihan agar jangan terus-terusan main game," papar Jahja saat menutup gerakan berbagi #BukuUntukIndonesia, di Menara BCA, Rabu (14/11/2018).

"Main game juga bisa melatih otak juga, tapi kita bukan mau generasi game. Kita mau generasi muda penerus yang bisa meneruskan kepemimpinan yang akan datang. Membaca buku jadi keharusan," imbuhnya. 

Gerakan ini berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp2,452,287,951 dengan nilai total dana yang disalurkan Rp2,553,000,000 yang telah dikonversi menjadi 43.734 buku dan disalurkan ke 111 sekolah di 60 area di Indonesia.

Tersebar di Aceh dan Lampung mewakili Sumatera, Garut dan Solo mewakili Jawa, Singkawang mewakili Kalimantan, Makassar dan Manado mewakili Sulawesi, serta Kupang.

Selain Jahja, hadir dalam seremoni penutupan gerakan berbagi #BukuUntukIndonesia Direktur BCA Santoso, Executive Vice President Corporate Social Responsibility BCA Inge Setiawati, Executive Vice President Transaction Banking Business Development BCA Mira Wibowo, Duta Baca Indonesia periode 2011 – 2015 Andy F. Noya dan Ketua Museum Rekor Indonesia (MURI) Jaya Suprana.

Jahja mengungkapkan gerakan tersebut merupakan bentuk komitmen BCA untuk menumbuhkan kembali semangat membaca di berbagai pelosok Indonesia dengan memberikan buku sebagai sarana penunjang belajar.

Pada kesempatan tersebut, BCA membagikan buku bacaan yang terdiri dari buku pengetahuan umum, buku pembentukan karakter, dan buku cerita anak kepada empat Sekolah Dasar Negeri (SDN) yaitu SDN Telaga Asih 01, SDN Parung 4, SDN Taktakan 1, SDN Taktakan 2.

Banyaknya buku yang disalurkan membuat MURI memberikan Rekor Donasi Kepada Anak di Sekolah Dasar Negeri Terbanyak kepada BCA.

Gerakan berbagi #BukuUntukIndonesia yang diadakan sejak bulan Maret 2017 lalu, mengajak seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk ambil bagian dengan cara memilih paket berbagi yang tersedia. Kemudian, dana yang terkumpul melalui gerakan ini akan dikonversi menjadi buku untuk selanjutnya disalurkan ke 60 area di Indonesia. Sebagai bentuk apresiasi, BCA menyediakan kaos kebaikan yang dipersembahkan kepada masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam gerakan ini.

“Akses anak bangsa terhadap buku harus dibuka seluas-luasnya. Pada era digitalisasi ketika teknologi sudah merambah hingga ke pelosok negeri, anak bangsa perlu diimbangi dengan penyediaan buku-buku yang berkualitas," jelas Jahja. (*)

Penulis: Lilis Setyaningsih
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved