VIDEO: Jaksa Agung Disomasi oleh LBH Masyarakat

Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Masyarakat, melayangkan somasi kepada Jaksa Agung HM Prasetyo

‎Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Masyarakat, melayangkan somasi kepada Jaksa Agung HM Prasetyo atas ulah jaksanya yang menangani persidangan terdakwa Sadikin Arifin di Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

"Somasi ini bentuk teguran sekaligus pengingat bahwa tindakan kesewenangan jaksa harus berhenti," ungkap Ma'ruf, perwakilan dari LBH Masyarakat, Senin (19/11/2018) di kantor LBH Masyarakat, Tebet, Jakarta Selatan.

Ma'ruf menjelaskan Sadikin merupakan terdakwa yang dituduh terlibat peredaran gelap ‎narkoba bersama-sama dengan seorang Warga Negara Asing yang ditembak mati oleh petugas BNN.

Dalam proses persidangan, LBH Masyarakat menyoroti jaksa yang enam kali menunda sidang penuntutan. ‎Hal ini dinilai bukanlah hal yang wajar dan merupakan tindakan tidak profesional serta bertentangan dengan peraturan yang berlaku.

Terlebih lagi, Sadikin Arifin dituduh melakukan tindak pidana narkoba dalam pasal 74 UU No 35 tahun 2009 tentang Narkotika, telah memadatkan perkara Narkotika adalah perkara yang didahulukan untuk mendapatkan penyelesaian secepatnya.

Adanya somasi, LBH Masyarakat berharap jaksa segera membacakan tuntutan pada sidang selanjutnya, 22 November 2018.

Diketahui kasus ini bermula dari Badan Narkotika Nasional (BNN) yang menembak satu dari tiga terduga pengedar narkoba jenis sabu-sabu, Huang Jhong Wei, Warga Negara Asing (WNA) asal Taiwan.

Huang ditembak mati karena melawan dan berusaha melarikan diri. Huang ditangkap bersama dua orang lainnya, Sadikin dan Akbar Rifa'i di Jalan Lodan Raya, Ancol, Jakarta Utara, Kamis (15/3/2018) malam.

Dari penangkapan itu, petugas mengamankan barang bukti dua buah koper berisi 51,4 kilogram sabu-sabu dengan total 50 bungkus.‎ Sampai akhirnya, hanya Sadikin yang disidangkan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara. (Tribunnews / Theresia Felisiani)

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: ahmad sabran
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved