Pastikan Bebas Narkotika, Ratusan Siswa SMK 5 Jakarta Jalani Tes Urine

BADAN Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DKI Jakarta melanjutkan safari pencegahan penyalahgunaan narkotika di lingkungan sekolah.

Pastikan Bebas Narkotika, Ratusan Siswa SMK 5 Jakarta Jalani Tes Urine
Istimewa
RATUSAN siswa SMK 5 Jakarta Timur mendapat pengarahan soal bahaya penyalahgunaan narkotika dari BNNP DKI Jakarta, Senin (19/11/2018). Dalam kesempatan ini, para siswa juga menjalani tes urine untuk memastikan mereka bebas dari narkotika. 

BADAN Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DKI Jakarta melanjutkan safari pencegahan penyalahgunaan narkotika di lingkungan sekolah.

Pada Senin (19/11/2018), sebanyak 350 siswa dari SMK 5 Jakarta Timur mendapatkan sosialisasi mengenai bahaya penyalahgunaan narkotika sekaligus menjalani tes urine untuk memastikan siswa bebas dari narkotika.

Joko Purnomo, selaku Kepala Bagian Umum BNNP DKI Jakarta menyampaikan bahwa kegiatan tes urin yang di sekolah dilakukan sebagai upaya pencegahan penyalahgunaan narkotika di kalangan pelajar dan menekan angka coba pakai narkotika di lingkungan pendidikan.

"Kegiatan ini juga bertujuan sebagai upaya menciptakan lingkungan yang bersih dari narkoba, serta membangun kepedulian dan kepekaan para guru-ortu-siswa akan bahaya narkoba," kata Joko Purnomo.

Joko menyebut, di wilayah DKI Jakarta penyalahgunaan narkoba masih sangat tinggi terutama kalangan pelajar yang akan menjadi generasi penerus bangsa.

"Dalam hal ini peran serta masyarakat tetap diperlukan unt membangun sinergitas menanggulangi bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba," ungkapnya.

Dari pengujian tes urine yang dilakukan, seluruh siswa dinyatakan negatif terbebas dari narkotika.

Kepala Sekolah SMK 5, Adip, mengapresiasi digelarnya kegiatan tersebut. Ia memastikan, pihak sekolah tidak akan kompromi apabila ada siswa tertangkap membawa sejata tajam, terlibat dlm perdagangan narkotika.

"Sifat dari giat yang dilakukan hari ini oleh BNNP DKI bersifat edukasi dan upaya pencegahan. Jika ada anak pserta didik yang terindikasi positif menggunakan narkoba, maka pihak sekolah akan mengantarkan siswa tersebut untuk menjalani rehabilitasi yang dilakukan oleh BNNP DKI," ungkapnya. (*)

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved