PN Depok Sebut Pemkot Depok Tak Ada Itikad Baik Serahkan Lahan Pasar Kemiri Muka

Kepala Pengadilan Negeri Kota Depok Sobandi menyebutkan sejak awal Pemkot Depok tidak memiliki itikad baik untuk menyerahkan aset lahan Pasar Kemiri

PN Depok Sebut Pemkot Depok Tak Ada Itikad Baik Serahkan Lahan Pasar Kemiri Muka
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Suasana Pasar Kemiri Muka, Beji Depok. 

Depok, Warta Kota -- Kepala Pengadilan Negeri (PN) Kota Depok Sobandi menyebutkan sejak awal Pemerintah Kota (Pemkot) Depok tidak memiliki itikad baik untuk menyerahkan aset lahan pasar kemiri muka ke PT Petamburan Jaya Raya (PJR) sekalipun dalam putusan pengadilan Pemkot Depok sudah kalah dan dinyatakan wajib menyerahkan lahan Pasar Kemiri Muka ke PT PJR.

"Kami di PN Depok pernah memberi teguran atau Aanmaning) kepada Pemkot Depok sebanyak dua kali. Dimana pihak Wali Kota kami panggil ke PN Depok dan kami ingatkan soal eksekusi yang akan dilaksanakan 19 April 2018 lalu. Apakah mau sukarela atau seperti apa. Namun tidak ada niat dan itikad baik untuk menyerahkan pengelolaan pasar Kemiri Muka secara sukarela ke PT PJR," kata Sobandi, Selasa (20/11/2018).

Baca: PT PJR Layangkan Surat Peringatan ke Pemkot Depok agar Serahkan Pasar Kemiri Muka

Karenanya Pemkot Depok mengulur waktu dan tidak merekomendasikan keamanan bersama Polres Depok untuk eksekusi yang akan dilakukan PN Depok.

Padahal kata Sobandi sangat jelas berdasarkan putusan Pengadilan Negeri Bogor, Pengadilan Tinggi Bandung, hingga Kasasi dan Peninjauan Kembali (PK) oleh Mahkamah Agung (MA) beberapa waktu lalu, dinyatakan PT Petamburan Jaya Raya adalah pemilik sah tanah Pasar Kemiri Muka berikut bangunan diatasnya.

Ini artinya putusan sudah berkekuatan hukum tetap, berdasarkan Kasasi MA 9 Februari 2012 atau berdasarkan PK pada 4 April 2014.

Putusan itu tepatnya adalah nomor: 36/Pdt.G/2009/PN.Bgr jo Nomor: 256/Pdt/2010/PT.Bdg jo Nomor: 695/Pdt/2011 jo Nomor: 476PK/Pdt/2013 sengketa lahan Pasar Kemiri Muka.

"Jadi memang sudah berkekuatan hukum tetap atau sudah in kracht," katanya.

Bahkan kata dia PT Petamburan Jaya Raya sudah membuat klausul karena pengambilalihn menyangkut hajat ribuan pedagang dengan menawarkan sejumlah hal ke Pemkot Depok.

Dimana PT PJR bersedia menyewakan sebagian tanah seluas 10000 meter persegi (1 ha) dari total jumlah keseluruhan luas tanah 2.8 hektar kepada Pemkot Depok.

Lalu pihak PT PJR memastikan untuk membangun pasar dengan bangunan 2 lantai diatas tanah seluas 10000 meter persegi (1 ha) tanpa melibatkan Pemkot Depok, dengan catatan bahwa Pemkot Depok harus memberikan kompensasi atau jaminan.

Halaman
123
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved