Ingin Menua Secara Sehat, Tapi Kurang Motivasi

Perubahan gaya hidup lebih sehat akan membantu mereka dalam menghadapi masa penuaan yang sehat

Ingin Menua Secara Sehat, Tapi Kurang Motivasi
dok. google
Kulit di sekitar mata perlu dirawat supaya tak cepat menua

WARTA KOTA, PALMERAH---Perusahaan nutrisi global, Herbalife Nutrition, merilis sejumlah temuan dari survei bertajuk '2018 Asia Pacific Healthy Aging Survey'.

Survei dilakukan pada Agustus 2018 dengan melibatkan sekitar 5.500 responden berusia 40 tahun ke atas di 11 negara seperti Australia, Hongkong, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.

Merujuk pada data yang dirilis oleh Asia Pacific Risk Center, Asia Pasifik merupakan kawasan yang mengalami penuaan populasi tercepat di dunia dengan lebih dari 200 juta orang diperkirakan akan memasuki usia tua (berusia 65 tahun ke atas) mulai dari sekarang hingga 2030 mendatang.

"Maka, masyarakat harus diedukasi akan pentingnya mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melalui fase penuaan dengan sehat," kata Senior Director & General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi, Selasa (30/10/2018).

Survei menunjukkan, mayoritas responden di Indonesia (71 persen) percaya bahwa mengambil langkah seperti perubahan gaya hidup lebih sehat akan membantu mereka dalam menghadapi masa penuaan yang sehat.

Bahkan 90 persen responden Indonesia mengatakan mereka sadar dan telah mengambil langkah positif dalam menghadapi penuaan.

Namun, kurangnya motivasi menjadi alasan utama bagi mayoritas responden (49 persen) belum memulai mengambil langkah untuk menghadapi fase penuaan.

Serta 37 persen responden menyatakan bahwa keterbatasan waktu menyebabkan mereka belum mulai mengambil langkah positif manghadapi masa penuaan.

Ketika ditanya, hal apa yang akan memotivasi mereka dalam menerapkan aktifitas fisik lebih sering untuk menghadapi penuaan, 76 persen responden mengatakan, mempunyai pemahaman lebih baik tentang peran aktifitas fisik terhadap proses menua dengan sehat akan memotivasi untuk melakukan aktifitas fisik lebih sering.

Saat ditanya tentang siapa yang akan memberikan dorongan motivasi secara positif dalam menghadapi fase menua dengan sehat, mayoritas responden Indonesia menyatakan keluarga akan memberikan pengaruh paling besar, disusul teman (49 persen).

Survei juga menunjukkan, mayoritas responden (63 persen) berpendapat usia yang tepat untuk memulai langkah menghadapi pertambahan usia dan menua dengan sehat adalah 40-45 tahun.

Rilis hasil survei ini bersamaan dengan diselenggarakannya Herbalife Asia Pasific Wellness Tour yang dilaksanakan pada September-Oktober 2018.

Baca: 7 Langkah Memperbaiki Keseimbangan Tubuh saat Usia Beranjak Menua

Baca: Merawat Payudara Agar Tak Cepat Menua

Baca: Kurang Tidur Bikin Kulit Anda Menua

Penulis: Gopis Simatupang
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved