Cegah Banjir, Tim Gabungan Pemkot Bekasi Bersihkan Sampah Rumah Tangga di Hulu Kali Bekasi

Pemerintah Kota Bekasi menerjunkan tim gabungan untuk membersihkan sampah bambu di perbatasan aliran Kali Cikeas dan Kali Bekasi.

Cegah Banjir, Tim Gabungan Pemkot Bekasi Bersihkan Sampah Rumah Tangga di Hulu Kali Bekasi
Dokumentasi Komunitas Peduli Sungai Cileungsi-Cikeas (KP2C)
Pemerintah Kota Bekasi menerjunkan tim gabungan untuk membersihkan sampah bambu di perbatasan aliran Kali Cikeas dan Kali Bekasi. 

WARTA KOTA, BEKASI---Pemerintah Kota Bekasi menerjunkan tim gabungan untuk membersihkan sampah bambu di perbatasan aliran Kali Cikeas dan Kali Bekasi.

Kepala Bidang Pengawasan Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Masriwati, mengatakan, tim gabungan itu terdiri dari Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Bina Marga dan Sumber daya air (DBMSDA) kota Bekasi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Perum Jasa Tirta (PJT) II, dan komunitas Komunitas Peduli Sungai Cileungsi-Cikeas (KP2C).

Dalam sehari tim gabungan itu bisa mengangkut 10 ton sampah bambu dan rumah tangga atau setara dengan lima truk.

"Banyak sampah rumah tangga yang dibuang ke kali, ada juga longsoran dari tanaman bambu, batang batang pohon, maupun bekas potongan bambu," kata Masriwati.

Masriwati mengatakan, dalam pembersihan itu banyak kendala yang dihadapi seperti pengangkutan tidak bisa menggunakan alat berat dan medan yang sulit.

"Kendala itu proses pembersihannya jadi lambat karena kami pakai manual. Kalau kami paksa pakai alat berat, khawatir bantaran kali jebol," katanya.

Pembersihan sudah dilakukan sejak Jumat (16/11/2018). Jika tidak dibersihkan dikhawatirkan akan mengambat aliran air dan mengakibatkan meluapnya air kali.

"Makanya setiap hari ada sekitar 15-20 orang per hari, ini dibantu gabungan dari yang lain. Untuk tim, kami fokus di wilayah Kota Bekasi. Ini kami gencar lakukan pembersihan jika tidak bisa saja banjir area bantaran pinggir kali," katanya.

Ketua Komunitas Peduli Sungai Cileungsi-Cikeas (KP2C), Puarman, mengatakan, partisipasi komunitasnya dalam melakukan pembersihan ini sebagai bentuk kepedulian dan komitmen komunitasnya dalam menjaga kebersihan Kali Cikeas dan Cileungsi termasuk Kali Bekasi hilir dari aliran kedua kali tersebut.

"Memang ini kami rutin lakukan. Kami tidak mau kali ini bersih dari sampah dan limbah. Apalagi sampah ini jika dibiarkan bisa menyebabkan banjir," katanya.

Baca: Air Hujan Bakal Dikembalikan ke Bendung Koja Kali Bekasi,Tidak Dibuang ke Kalimalang

Baca: Musim Hujan, Permukiman Penduduk di Bantaran Kali Bekasi Terancam Banjir

Baca: Kali Bekasi Memprihatinkan, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Bakal Kerja Bakti

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved