Pemkot Tangerang Bersih-Bersih Sungai Cisadane dan Selokan Masuki Musim Penghujan

PEMERINTAH Kota Tangerang melakukan bersih - bersih Sungai Cisadane dan sejumlah selokan dari sampah - sampah yang berserakan.

Pemkot Tangerang Bersih-Bersih Sungai Cisadane dan Selokan Masuki Musim Penghujan
WARTA KOTA/ANDIKA PANDUWINATA
PEMERINTAH Kota Tangerang bersih-bersih sungai cisadane. 

PEMERINTAH Kota Tangerang melakukan bersih - bersih Sungai Cisadane dan sejumlah selokan dari sampah - sampah yang berserakan.

Hal ini dilakukan guna fokus menangani permasalahan banjir, terlebih saat ini memasuki musim penghujan.

Kabid Operasi dan Pemeliharaan Dinas PUPR Kota Tangerang, Agus Tholib menjelaskan langkah ini diambil sebagai bentuk antisipasi. Dari data Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Tangerang, per hari pihaknya bisa mengangkut sampah sebanyak 50 kubik.

"Angka ini bisa terus bertambah setiap harinya. Makanya kami rutin melakukan bersih - bersih di Sungai Cisadane dan juga selokan - selokan," ujar Agus kepada Warta Kota, Minggu (18/11/2018).

Ia menyebut debit sampah semakin banyak jika masuk musim penghujan. Menurutnya, kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan masih sangat minim.

“Kalau musim panas, berkisar 20 kubik per hari. Tapi kalau masuk penghujan, bisa sampai 50 sampai 60 kubik,” ucapnya.

Ia merinci pengangkutan sampah tersebut menggunakan dua cara. Yakni dengan cara manual atau pun alat berat.

"Untuk manual, ada petugas dari Dinas PUPR yang turun menggunakan perahu dan nyebur untuk ambil sampah. Sedangkan alat berat, disiagakan di Pintu Air 10," kata Agus.

Agus menambahkan ada 250 personel yang disiagakan untuk mengantisipasi banjir yang ada di Kota Tangerang. Personel tersebut disebar ke 13 Kecamatan di Kota Tangerang.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai. Karena ini bisa membuat banjir, terutama Kota Tangerang yang ada di hulu,” paparnya.

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved