Pemkot Bekasi Siapkan Format Penilaian ASN untuk Ikut Program Pemprov Jabar Beasiswa ke Luar Negeri

Tri menjelaskan proses seleksi itu akan dilakukan disetiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Kemudian akan kembali diseleksi di tingkat Pemkot Bekas

Pemkot Bekasi Siapkan Format Penilaian ASN untuk Ikut Program Pemprov Jabar Beasiswa ke Luar Negeri
Kompas.com
Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menggelar shalat istisqa yang diikuti oleh tidak kurang dari 1.000 Aparatur Sipil Negara (ASN) di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Kota Bandung, Senin (16/10/2017). (KOMPAS.com/PUTRA PRIMA PERDANA.) 

PEMERINTAH Kota Bekasi bakal menyiapkan format penilaian bagi Aparatur Sipil Negera (ASN) lingkungan Kota Bekasi untuk mengikuti program yang dicanangkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, beasiswa pelatihan pendidikan ke luar negeri.

"Ini kan baru dicanangkan Pemprov Jabar, setelah dimulai kita akan buat format penilaian terbaik itu, yang jelas pasti nanti akan ada serangkaian seleksi juga," kata Wakil Walikota Bekasi, Tri Adhianto, kepada Wartakota, Minggu (18/11/2018).

Tri menjelaskan proses seleksi itu akan dilakukan disetiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Kemudian akan kembali diseleksi di tingkat Pemkot Bekasi.

"Jadi proses seleksi awalnya dilakukan mulai ditiap OPD atau Dinas-dinas. Oleh dinas mengusulkan nama ke tingkat kota nanti akan kami seleksi itu untuk dikirim ke Pemprov Jawa Barat," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan berikan beasiswa pelatihan pendidikan ke luar negeri kepada 50 Aparatur Sipil Negara (ASN) terbaik di seluruh kota dan kabupaten di Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan pemberian beasiswa pelatihan itu agar ASN ini lebih kreatif dan menambahkan wawasan ilmu kepemerintahan.

"Pemprov Jabar kasih kesempatan ASN terbaik mendapatkan pelatihan agar bisa lebih baik. Banyak sekali tawaran dari sahabat diluar negeri, tanya mau minta apa dari negara kami, jawaban saya hanya satu, tolong sekolahkan ASN dari wilayah saya," kata Ridwan, saat menghadiri pertemuan dalam rangka koordinasi penyelenggaraan pemerintahan umum yang dilaksanakan di Hotel Horison, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jumat (16/11/2018).

Ia meminta kepala daerah baik Walikota dan Bupati untuk menuliskan 50 ASN terbaik untuk dikirimkan ke luar negeri.

"Tulis 50 ASN terbaik di wilayah masing-masing, di ranking dari ranking 1 sampai ranking 50, dimana nanti saya sekolahkan ke Singapura, ke Korea Selatan dan Amerika. Nanti daftarnya saya dapat dari bapak ibu semua. Biar pinter sama-sama pak," kata Emil.

Emil mengatakan program pelatihan ke luar negeri bagi ASN sangat positif dan bermanfaatkan bagi wilayah itu.

"Saat itu saya masih Walikota Bandung pernah kirim ASN ke luar negeri dan ada hasilnya. Saya pkirim kepala dinas ke Singapura selama dua minggu, pulang-pulang kreatif pak, dia dinas taman saya," paparnya.

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved