Mencegah Osteoporosis, Tidak Harus Perlu Mahal Bisa Melalui Langkah Sederhana

Langkah awal sederhana pencegahan osteoporosis dapat dilakukan dengan menerapkan pola makan sehat dan aktif beraktivitas fisik atau berolahraga.

Mencegah Osteoporosis, Tidak Harus Perlu Mahal Bisa Melalui Langkah Sederhana
Tomnews.com
Gaya hidup kurang gerak dan terlalu banyak duduk, bisa memicu osteoporosis pada masyarakat perkotaan. 

WARTA KOTA, PALMERAH---Langkah awal sederhana pencegahan osteoporosis, kata dr Ade Tobing, SpKO, Pengurus Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (PEROSI), dapat dilakukan dengan menerapkan pola makan sehat dan aktif beraktivitas fisik atau berolahraga.

"Penuhi asupan kalsium per hari sesuai usia dan vitamin D untuk membantu penyerapan kalsium. Selain itu, hindari perilaku sedentari dengan rutin berolahraga. Kurang olahraga akan menghambat proses pembentukan massa tulang sehingga mengakibatkan berkurangnya kepadatan massa tulang," kata Ade baru-baru ini.

Ade mengatakan, latihan fisik atau olahraga yang dimulai sejak dini dapat secara efektif mencegah penyakit osteoporosis.

Adapun untuk mencegah osteoporosis, dianjurkan untuk melakukan latihan bersifat weight bearing exercise, yaitu latihan pembebanan khususnya pada area lumbar, pangkal paha, dan pergelangan tangan.

Meski begitu, kata Ade, olahraga harus dilakukan dengan prinsip baik, benar, terukur, dan teratur (BBTT).

Sebelum berolahraga pastikan menggunakan perlengkapan yang sesuai ukuran dan jenis olahraga, bila perlu menggunakan pelindung. Lalu lakukan pemanasan atau peregangan, ditutup dengan pendinginan.

"Untuk mencapai hasil maksimal, lakukan olahraga secara rutin, yaitu 3-5 kali dalam seminggu," ujarnya.

Anggota Dewan Pakar Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI), dr Iskandar Z Adisapoetra MSc, mengatakan, untuk mendukung implementasi GERMAS khususnya dalam upaya peningkatan aktivitas fisik dan olahraga di masyarakat, serta pencegahan dan pengendalian terhadap penyakit osteoporosis, FORMI bersama dengan jejaringnya di seluruh Indonesia membina berbagai macam olahraga rekreasi dengan prinsip 5-M, yaitu mudah, murah, meriah, menarik, dan manfaat.

"Tujuannya agar masyarakat sehat, bugar dan gembira, contohnya dengan olahraga senam kebugaran osteoporosis yang dapat dilakukan oleh masyarakat," kata Iskandar.

Baca: Perempuan Indonesia 4 Kali Berisiko Kena Osteoporosis daripada Pria

Baca: Aktivitas Fisik 30 Menit Sehari Mampu Cegah Osteoporosis

Baca: Cegah Osteoporosis dengan Ikan Teri

Penulis: Gopis Simatupang
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved