Gandeng Komikus, BKKBN Sosialisasikan Risiko Pernikahan Dini

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), menggandeng para komikus untuk menyosialisasikan pentingnya pernikahan berencana.

Gandeng Komikus, BKKBN Sosialisasikan Risiko Pernikahan Dini
Warta Kota/Mohamad Yusuf
Pelaksana Tugas Kepala BKKBN, Sigit Priohutomo dalam acara Comic Talk dengan tema Nikah Jangan Buru-buru, di Kantor BKKBN, Halim, Makasar, Jakarta Timur, Minggu (18/11/2018), mengingatkan besarnya risiko menikah pada usia dini. 

BADAN Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggandeng para komikus untuk menyosialisasikan pentingnya pernikahan berencana.

Langkah awalnya dengan menggelar acara Comic Talk dengan tema Nikah Jangan Buru-buru untuk mengingatkan besarnya risiko menikah pada usia dini, di Kantor BKKBN, Halim, Makasar, Jakarta Timur, Minggu (18/11/2018).

Acara itu dihadiri sejumlah pelajar dan mahasiswa dari berbagai sekolah dan kampus.

Pelaksana Tugas Kepala BKKBN, Sigit Priohutomo, menyampaikan, pernikahan harus dilakukan dengan terencana pada usia yang cukup. 

Pasalnya, berdasarkan data BPS 2010, perceraian banyak dialami kelompok usia 20-24 tahun pada usia pernikahan belum genap lima tahun.

"Pernikahan dini juga sangat berisiko mengganggu pendidikan. Sangat penting menyiapkan mental, psikis, dan finansial," kata Sigit, dalam acara tersebut.

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan risiko pernikahan dini, BKKBN membuat upaya promotif preventif melalui Program Genre (Generasi Berencana).

Dengan salamnya yang unik, yaitu Salam Genre, BKKBN mengajak anak muda tidak melakukan seks pranikah, pernikahan dini, dan penggunaan napza.

Menurut Sigit, program Genre dengan Pusat Informasi dan Konseling remaja yang tersebar di sekolah sekolah fokus mengedukasi masyarakat tentang pengendalian kependudukan, reproduksi, keterampilan hidup, dan kesiapan remaja dalam berkeluarga. 

“Pelibatan remaja untuk menjadi pendidik sebaya di dalam kelompoknya sangat efektif untuk menyosialisasikan program pendewasaan usia perkawinan yang sedang di gencarkan oleh BKKBN.

Halaman
12
Penulis: Mohamad Yusuf
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved