Bung Karno Disarankan Ayahnya Lakukan Hal Ini Jika Ingin Pintar Bahasa Asing, tapi Tak Dilakukan

Ternyata, Bung Karno bukan tanpa alasan tidak menjalankan saran sang ayah itu

Bung Karno Disarankan Ayahnya Lakukan Hal Ini Jika Ingin Pintar Bahasa Asing, tapi Tak Dilakukan
Istimewa
Presiden Soekarno 

PRESIDEN pertama Republik Indonesia Ir Soekarno ternyata punya cara efektif agar bisa menguasai bahasa asing dari berbagai negara di dunia.

Kisah itu bermula saat ayahnya, Raden Soekemi Sosrodihardjo, menyarankan Bung Karno agar memiliki kekasih orang asing.

Menurut Soekemi, jika Bung Karno memiliki kekasih wanita asing, secara otomatis ia bisa menirukan dan mengerti dengan sendirinya bahasa asing tersebut.

Baca: Polisi Bakal Kembali Cari Linggis yang Dibuang Pembunuh Satu Keluarga di Bekasi ke Kalimalang

Ternyata, saran sang ayah itu hanya diterima tanpa dijalankan oleh Bung Karno. Kisah tersebut diceritakan oleh Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, yang diberikan kehormatan langsung oleh Megawati Sukarnoputri selaku anak kandung sang proklamator.

Ahmad Basarah menceritakan hal itu dalam acara Megawati Sukarnoputri Bicara Sejarah, 'Tentang yang Tersurat dan Tersirat dari Pemikiran Bung Karno', di Museum Nasional, Jakarta, Sabtu (17/11/2018).

"Bung Karno disarankan oleh ayahnya, agar mencari pacar orang asing, mencari pacar orang bule, supaya mudah cepat mempelajari bahasa asing. Namun, itu satu syarat yang tidak dipenuhi oleh Bung Karno kala itu," ungkap Ahmad Basarah.

Baca: Begini Pandangan Putra Hotman Paris Hutapea Soal Kasus Baiq Nuril Maknun

Ternyata, Bung Karno bukan tanpa alasan tidak menjalankan saran sang ayah itu. Bapak Proklamator itu jusru memberikan petunjuk serta pembelajaran bagi putra-putrinya kelak, bahwa dalam memperoleh ilmu pengetahuan harus dimulai dengan membaca buku.

"Cara keluarga Bung Karno memberikan arahan kepada putra-putrinya untuk bagaimana menguasai ilmu pengetahuan dengan membaca buku-buku," beber Ahmad Basarah menyampaikan pesan Megawati Sukarnoputri.

Menurut Megawati Sukarnoputri, seperti yang disampaikan oleh Ahmad Basarah, Bung Karno juga merupakan sosok pemikir besar yang amat teliti, dan seorang yang gemar membaca. Bahkan, Bung Karno kerap membaca buku dari berbagai macam bahasa. (Fransiskus Adhiyuda)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved