Aktivitas Fisik 30 Menit Sehari Mampu Cegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi tulang yang menjadi tipis, rapuh, keropos, dan mudah patah akibat berkurangnya massa tulang dalam jangka waktu yang lama.

Aktivitas Fisik 30 Menit Sehari Mampu Cegah Osteoporosis
Istimewa
Ilustrasi osteoporosis 

WARTA KOTA, PALMERAH---Kementerian Kesehatan RI mengajak masyarakat Indonesia menjalani hidup aktif untuk mencegah osteoporosis.

Hidup aktif dapat dilakukan dengan aktif beraktivitas fisik dan rutin latihan fisik atau olahraga.

Kementerian Kesehatan RI merekomendasikan masyarakat Indonesia untuk melakukan olahraga rekreasi bersama keluarga, sahabat, maupun kolega. Agar upaya pencegahan osteoporosis lebih menyenangkan.

Osteoporosis adalah kondisi tulang yang menjadi tipis, rapuh, keropos, dan mudah patah akibat berkurangnya massa tulang dalam jangka waktu yang lama.

Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga, Kementerian Kesehatan RI, drg Kartini Rustandi, MKes, mengatakan, pemerintah Indonesia telah mengeluarkan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

"Salah satu fokus GERMAS adalah rutin aktivitas fisik 30 menit setiap hari," ujar Kartini dalam media briefing bertema 'Hidup Aktif Cegah Osteoporosis Mulai dari Saya' di RPTRA Borobudur, Menteng, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Kementerian Kesehatan RI, menurut Kartini, terus mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya beraktivitas atau latihan fisik sebagai upaya pencegahan dini penyakit menular maupun tidak menular.

Kartini menerangkan, salah satu penyakit berbahaya yang mengancam kesehatan masyarakat Indonesia adalah osteoporosis yang dijuluki The Silent Epidemic Disease, karena menyerang secara diam-diam tanpa adanya tanda-tanda khusus, hingga seseorang mengalami patah tulang.

"Osteoporosis secara negatif memengaruhi kondisi ekonomi maupun sosial seseorang. Dampak ekonomi meliputi biaya untuk pengobatan dan hilangnya waktu kerja atau produktivitas. Osteoporosis sangat berbahaya dan tidak bisa disembuhkan. Oleh karena itu sangat penting untuk mencegah osteoporosis sejak dini," katanya.

Baca: Mencegah Risiko Osteoporosis, Kenali Sumber Kalsium Selain Susu

Baca: Banyak Duduk Bisa Terkena Osteoporosis

Baca: Awas, Terlalu Banyak Duduk Bisa Osteoporosis

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved