Warga Hentikan Pemagaran Tembok Area Pasar Cisalak Oleh Pemkot Depok

Ratusan warga RT 03/06 dan RT 02/06, Kelurahan Cisalak Pasar, Cimanggis, Depok akhirnya kembali berhasil menghentikan pengerjaan pemagaran tembok.

Warga Hentikan Pemagaran Tembok Area Pasar Cisalak Oleh Pemkot Depok
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Warga sekitar Pasar Cisalak, berjaga-jaga dan menghalau pekerja yang akan mengerjakan pemagaran tembok di sepanjang sisi jalan di depan rumah dan tempat usaha warga, Sabtu (17/11/2018). 

RATUSAN warga di sekitar area Pasar Cisalak, yakni di RT 03/06 dan RT 02/06, Kelurahan Cisalak Pasar, Kecamatan Cimanggis, Depok akhirnya kembali berhasil menghentikan pengerjaan pemagaran tembok area Pasar Cisalak di ruas jalan yang dianggap warga adalah jalan umum, Sabtu (17/11/2018).

Sejumlah pekerja dengan didampingi kepolisian dan petugas Satpol PP Depok, tak kuasa menahan halauan warga atas pekerja yang kembali melakukan pengerjaan.

"Pemagaran akhirnya tidak dilanjutkan. Pekerja pulang semua. Malahan warga memasang spanduk penolakan di lokasi," kata Jati, warga RT 03/06, Kelurahan Cisalak Pasar, Cimanggis, kepada Warta Kota, Sabtu (17/11/2018) malam.

Spanduk katanya bertuliskan bahwa warga akan menolak pemagaran tembok di depan ruas jalan warga yang direncanakan Pemkot Depok.

Seperti diketahui setelah terhenti beberapa lama dan tidak ada kesepakatan dengan warga sekitar, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok tampaknya tetap ngotot untuk melanjutkan pemagaran tembok setinggi sekirar 2,10 meter, di seluruh area Gedung Pasar Cisalak termasuk akses jalan warga di sekitarnya, Sabtu (17/11/2018) siang ini.

Meski begitu ratusan warga dan pemilik tempat usaha di sekitar pasar, terutama di Jalan Gadog dan di Jalan Uhan, tampak berjaga-jaga untuk menghalau dan menghentikan pengerjaan pemagaran yang dilakukan sejumlah pekerja.

Karenanya potensi kericuhan dapat terjadi di sana.

Sebab, warga akan melakukan perlawanan jika Pemkot Depok tetap melanjutkan pemagaran sampai ke jalan di depan deretan rumah dan tempat usaha warga, di jalan atau akses keluar masuk pasar.

Warga menilai jalan adalah fasilitas umum atau jalan umum berdasarkan sertifikat tanah yang dimilki sebanyak 103 warga di RT 03/06 dan RT 2/6, Kelurahan Cisalak Pasar, Kecamatan Cimanggis, Depok.

Ujang, Sekertaris RT 03/06, Kelurahan Cisalak Pasar, Cimanggis, Depok, mengatakan, akibat tidak adanya titik temu saat pertemuan warga dengan Pemkot Depok yang berakhir dengan walk outnya seluruh warga, pada Kamis (15/11/2018) lalu,  Pemkot Depok tampaknya tetap akan melanjutkan proyek pemagaran yang akan menghabiskan dana sekitar Rp 1,5 miliar itu.

Halaman
1234
Tags
pemagaran
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved