Enam Rumah di Pamulang Terisolasi Karena Imbas Proyek Tol

Rumah-rumah itu persis di pinggir kawasan proyek pembangunan tol. Di depan rumah terdapat galian proyek pembangunan jalan tol.

Enam Rumah di Pamulang Terisolasi Karena Imbas Proyek Tol
Kompas.com
Warga RT 001 RW 002 Kelurahan Bambu Apus, Pamulang, Tangerang Selatan mengeluhkan pengerjaan proyek Tol Serpong-Cinere yang mengakibatkan rumah di kawasan tersebut kerap terendam banjir, Selasa (13/11/2018).(KOMPAS.com/DAVID OLIVER PURBA) 

Enam unit rumah di RT 001/RW 002 Kelurahan Bambu Apus, Tangerang Selatan, terisolasi akibat proyek pembangunan Tol Serpong-Cinere.

Rumah-rumah itu persis di pinggir kawasan proyek pembangunan tol. Di depan rumah terdapat galian proyek pembangunan jalan tol.

Di belakang rumah, terdapat tanah tinggi. Lokasi enam rumah itu lebih rendah dibanding kawasan proyek. Jika hujan, air kerap meluap hingga masuk perumahan warga.

Jalan menuju pemukiman juga rusak karena proyek pembangunan Seorang warga, Jumbadi, mengatakan, awalnya ada 24 kepala keluarga (KK) yang tinggal di kawasan itu. Namun, pada 2017, sebanyak 18 rumah telah dibebaskan.

Berdasarkan pembicaraan dengan penanggung jawab proyek, PT Waskita, semua rumah akan dibebaskan.

Semua warga yang tinggal di kawasan itu bahkan telah mengurus dokumen yang diminta ke pihak kelurahan. Warga dijanjikan dibeli tanahnya Rp 3 juta per meter.

"Awalnya 24 KK. Rumahnya mengelilingi daerah ini, tetapi sekarang tinggal 6 (rumah) saja," ujar Jumbadi, Selasa (13/11/2018).

Selain jalan rusak, pembangunan jalan tol juga mengakibatkan pemukiman warga rawan banjir.

Project Manager Proyek Tol Serpong-Cinere dari PT Waskita Kwatantra mengatakan, enam rumah tersebut tidak termasuk kawasan right of way (ROW) atau kawasan desain proyek Tol Serpong-Cinere.

Hal itu yang membuat enam rumah tersebut tidak dapat dibebaskan seperti 18 rumah lainnya.

Halaman
12
Editor: ahmad sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved