Domba Garut Kini Diekspor ke Uni Emirat Arab

Total domba yang akan dikirimkan dalam kontrak berjangka satu tahun ini sebanyak 3.600 domba dengan nilai transaksi Rp 57,6 miliar.

Domba Garut Kini Diekspor ke Uni Emirat Arab
Warta Kota/Ign Agung Nugroho
PT Inkopmar Cahaya Buana (ICB) melakukan ekspor domba Garut ke UAE. 

Ekspor domba Garut ini semoga dapat menginspirasi dan memberi keyakinan bahwa dunia peternakan kita dapat menembus pasar dunia.

Hal itu disampaikan CEO PT. Inkopmar Cahaya Buana (ICB), Rio Lukman selepas memantau langsung pengiriman perdana sebanyak 300 ekor domba Garut ke wilayah Abu Dhabi, Uni Emirat Arab dari Terminal Cargo Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (15/11/2018) lalu.

Pengiriman perdana domba Garut tersebut merupakan realisasi penandatangan kontrak perdagangam (sales contract) antara PT Inkopmar Cahaya Buana dan Private Department of Sheikh Mohamed Bin Khalid Al Nahyan (Ruling Family) Abu Dhabi/UEA.

"Total domba yang akan dikirimkan dalam kontrak berjangka satu tahun ini sebanyak 3.600 domba dengan nilai transaksi Rp 57,6 miliar. Pengirmannya akan dilakukan secara bertahap setiap dua bulan sekali," kata Rio Lukman.

Direktur Operational PT. Inkopmar Cahaya Buana, Harun Al Rasyid menambahkan, langkah perseroan menjadikan ekspor hewan tersebut sebagai salah satu bentuk upaya mendukung program swasembada protein dan tentunya berupaya meningkatkan kesejahteraan para peternak hewan khususnya domba di wilayah Indonesia.

“Ini menjadi salah satu misi kami untuk meningkatkan program pemerintah untuk mengembangkan komoditas pasar ekspor hewan menjadi modal dasar kami untuk membuka peluang ekspansi lebih besar ke wilayah potensial Timur Tengah lainnya,” kata Harun Al Rasyid.

Lebih lanjut dia menjelaskan, pengiriman domba-domba Garut ini akan didatangkan secara bertahap ke negara Timur Tengah tersebut. Kedepan perseroan juga berharap bisa memperluas pangsa pasar pengiriman ekspor hingga ke negara lainnya.

“Kami berharap pemerintah dapat terus mendukung dengan mempermudah proses perizinan dan memberikan perhatian lebih untuk fasilitas kandang karantina hewan di bandara untuk hewan domba yang akan di berangkatkan sehingga dapat mengurangi resiko terkena stress dan sakit,” tambahnya.

Di sisi lain dengan ekspor kali ini, perseroan berharap pemerintah bisa membuat RPH (Rumah Potong Hewan) khusus domba dan kambing sehingga Indonesia bisa meningkatkan nilai tambah dengan mengekspor produk frozen meat sheep.

CEO PT Inkopmar Cahaya Buana (ICB),  Rio Lukman (kiri) dan Direktur Operational PT Inkopmar Cahaya Buana, Harun Al Rasyid.
CEO PT Inkopmar Cahaya Buana (ICB), Rio Lukman (kiri) dan Direktur Operational PT Inkopmar Cahaya Buana, Harun Al Rasyid. (Warta Kota/Ign Agung Nugroho)
Penulis: Ign Agung Nugroho
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved