Pemasangan Sheet Pile di Anak Kali Pesanggrahan Terganjal Dua Kendala

Pengerukkan anak Kali Pesanggrahan di RW 05, Kedoya, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, masih berlangsung dan dengan kedalaman dua meteran.

Pemasangan Sheet Pile di Anak Kali Pesanggrahan Terganjal Dua Kendala
TRIBUNNEWS/FITRI WULANDARI
Ilustrasi sheet pile 

WARTA KOTA, PALMERAH---Pengerukkan anak Kali Pesanggrahan di RW 05, Kedoya, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, masih berlangsung dan dengan kedalaman dua meteran.

Setelah pengerukkan tersebut, rencananya anak Kali Pesanggrahan ini akan langsung dibangun sheet pile.

Menurut Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, Imron Syahrin, ada dua kendala yang harus diatasi sebelum anak Kali Pesanggrahan dipasang sheet pile, yakni pembebasan lahan dan relokasi warga.

"Kami saat ini menyiapkan dua langkah untuk bangun sheet pile atau dinding turap beton di anak Kali Pesanggrahan. Pembebasan lahan, dan pemindahan. Pembebasan jikalau warga punya surat-surat. Pemindahan jikalau warga tidak punya surat-surat," katanya Imron, Jumat (16/11/2018).

Imron mengatakan, pembangunan sheet pile akan dilakukan usai mengecek luas trase dan memberikan sosialisasi kepada warga sekitar kali.

Dalam pembebasan lahan akan diusulkan ke dinas terkait, yakni Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan DKI Jakarta.

"Sementara untuk pemindahan warga kami akan berkoordinasi dengan pihak di kelurahan, kecamatan, dan Dinas Perumahan. Agar mereka yang terkena trase dalam pelaksanaan kegiatan normalisasi atau naturalisasi di anak Kali Pesanggrahan ini dapat dipindahkan total semua," katanya.

Dia menerangkan, berdasarkan pengajuan RW 05 tempat anak Kali Pesanggrahan, diketahui warga meminta dibuatkan sheet pile.

Hal itu, lantaran saat ini kondisi turap di aliran anak Kali Pesanggrahan hanya terbentuk dari dinding tanah padat.

"Jadi warga meminta agar anak Kali Pesanggrahan ini di sheet pile. Tetapi nanti kami akan memdukan dulu. Apakah nanti ini dengan dinormalisasi atau dinaturalisasi. Jadi, saat ini kami lihat dulu trasenya. Memang kali ini belum dibeton, dinormalisasi, dan pemasangan grass block," katanya.

Imron mengatakan, normal lebar trase 50 meter dan tidak boleh ada bangunan pada jarak tujuh meter dari kali.

Akan tetapi, perihal kondisi kini di Anak Kali Pesanggrahan tak mencapai lebar 50 meter, namun hanya sekitar 10 meteran.

"Sementara jarak dengan hunian warga hanya sekitar 1 meter. Alhasil, masalah ini saya telah koordonasi dengan Kepala Seksi Perencanaan SDA Jakarta Barat, untuk dapat saya cek trase kali ini. Sudah sesuai atau tidak. Jikalau sudah sesuai trase, akan diusulkan 2019 mendatang (sheet pile). Kalau tak sesuai, ya harus lakukan langkah-langkah lain dulu," kata Imron.

Baca: Rencana Pemasangan Turap Sheet Pile Belum Akan Dilakukan

Baca: Warga Berlan Pertanyakan Dihentikannya Pemasangan Sheet Pile

Baca: Antisipasi Jalan Amblas, Bantaran Kali Cakung Lama Diusulkan Dipasangi Sheet Pile

Penulis: Panji Baskhara Ramadhan
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved