Maling Motor Tewas di Polres Depok, Kompolnas Imbau Keluarga Lapor Propam Polri

Komisioner Komisi Kepolisian Nasional menyayangkan penyidik Mapolresta Depok tidak dapat menjamin keselamatan maling motor yang mereka bekuk.

Maling Motor Tewas di Polres Depok, Kompolnas Imbau Keluarga Lapor Propam Polri
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Rumah tersangka pelaku pencurian sepeda motor, Yulius Lucas Tahapary alis Ulis (35) di Sukmajaya. Ulis tewas saat menjalani pemeriksaan di ruang penyidik Polres Depok, Rabu (14/11/2018), dengan kondisi sekujur tubuh luka lebam. 

KOMISIONER Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Poengky Indarti menyayangkan penyidik Mapolresta Depok tidak dapat menjamin keselamatan pencuri sepeda motor yang mereka bekuk, Yulius Lucas Tahapary (35) alis Ulis.

Ulis diketahui meninggal dunia di ruang penyidik Satreskrim Polresta Depok saat diperiksa oleh penyidik.

Karenanya sangat wajar, kata Poengky, jika keluarga curiga bahwa Ulis dianiaya oleh penyidik.

Untuk itu, Poengky berharap pihak keluarga segera melaporkan kejadian tersebut ke Inspektorat Pengawasan Umum (Irwasum) Polri serta Divisi Profesi dan Pengaman (Propam) Mabes Polri selaku pengawas internal kepolisian Republik Indonesia.

"Saya menyayangkan terjadinya hal tersebut. Untuk itu keluarga harus segera melapor ke Irwasum dan Divisi Propam Polri selaku pengawas internal. Dengan begitu kasus ini dapat segera ditindaklanjuti, mulai dengan visum dan otopsi atas jenasah si pelaku pencurian, serta memeriksa anggota polisi yang saat itu melakukan proses lidik dan sidik. Sehingga dapat diketahui apakah kematian yang bersangkutan, akibat penyiksaan dan penganiayaan atau ada sebab lain," kata Poengky, Kamis (14/11/2018).

Menurut dia kasus tewasnya pelaku tindak pidana di ruang penyidik kepolisian mesti didalami dan dibuka seterang-terangnya, agar kejadian seperti ini tak berulang.

"Jika memang terbukti bahwa pelaku tindak pidana meninggal akibat penyiksaan dan penganiayaan, maka siapaphn yang melakukan penyiksaan itu sekalipun penyidik kepolisian harus diproses pidana," katanya.

Selain mengimbau keluarga melaporkan kasus tersebut ke Irwasum Polri dan Divisi Propam Polri, Poengky juga meminta keluarga membuat laporan resmi atas kasus itu ke Kompolnas RI.

"Agar kami di Kompolnas dapat mengawasi proses pemeriksaan yang dilakukan pengawas internal, yakni Irwasum dan Divisi Propam. Sehingga semuanya jelas dan diketahui siapa pihak yang bertanggung jawab atas tewasnya pelaku tindak pidana di ruang penyidik kepolisian," katanya.

Seperti diketahui tersangka pelaku pencurian sepeda motor yakni Yulius Lucas Tahapary alis Ulis (35) tewas mengenaskan dengan luka lebam di sekujur tubuh saat menjalani pemeriksaan di ruang penyidik Mapolresta Depok, Rabu (14/11/2018) sore.

Halaman
123
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved